Gopel, Sego Kepel Jajanan Favorit Terinspirasi Onigiri

Tim Gopel di Jogjajanan #2 (Tyassanti Kusumo Dewanti)

SEGO KEPEL (Gopel) menjadi Juara Favorit dalam Jogjajanan # yang berlangsug di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjo Soemantri (PKKH UGM), selama 22-23 Oktober 2016. Aneka makanan yang berbahan dasar nasi yang dikepal tersebut laris diminati pengunjung.

Bola-bola nasi berisi aneka isian seperti tuna, jamur, dan ayam yang diberi topping pilihan terlihat sangat menggiurkan dan lezat. Kepada KRJogja.com, Siti Asiya (23) salah satu perintis Gopel mengatakan bahwa usaha ini terinspirasi dari Onigiri atau nasi kepal yang ada di Jepang.

"Selama ini kan kita banyak lihat aneka onigiri dijajakan di gerai-gerai atau swalayan, nah, kenapa gak coba bikin sendiri yang ala Indonesia? Kebetulan kemarin ada event Jogjajanan dan ada lomba business plan-nya, langsung deh saya dan empat orang lainnya mengajukan ide ini" tuturnya.

Siti Asiya dan empat orang kawan lainnya, yakni Muhammad Bintang Musoffa, Renny Wjayanti, Purba Jati Arum Sari dan Jacky Chan selaku perintis usaha Gopel menyadari perilaku konsumen yang sekarang cenderung lebih menyukai kuliner unik yang tidak begitu berat untuk dikudap. Menjawab tantangan itu, mereka berlima pun mengadopsi ide onigiri dan menjadikan nasi putih sebagai media berkreasi.

"Sekarang kan orang sering kadang bingung mau makan tapi nggak mau yang berat-berat, jadilah kami buat gopel ini terlihat tidak berat tetapi cukup mengenyangkan. isiannya juga bervariasi, ada jamur, ayam asam manis, dan tuna bumbu bali. Untuk toppingnya sendiri bisa topping fried (digoreng), pakai sayur ataupun yang pedas. Satu porsinya dibandrol dengan harga sepuluh ribu dan berisi 3 gopel." tutur Siti Asiya.

Dengan keunikan dan animo pembeli selama dua hari, Gopel pun akhirnya berhasil menyabet predikat jajanan terfavorit di Jogjajanan #2. "Alhamduliah dapat juara favorit! Senang, haru dan masih gak percaya.. Lelah kami dari pagi sampai malam untuk Jogjajanan langsung tergantikan dengan apresiasi ini!" ujar Renny Wijayanti yang bersama kawan-kawannya berencana meneruskan Gopel selepas lomba.

Jogjajanan sendiri merupakan event yang menghadirkan 32 stand yang 20 diantaranya ialah usaha kuliner yang merupakan peserta lomba Business Plan Competition (BP) yang juga masuk ke dalam rangkaian acara Jogjajanan #2. (MG-03)

Tulis Komentar Anda