Mau Wawancara Kerja? Perhatikan Tips Ini

Amelia Santoso (Satriyo Wicaksono)

WAWANCARA merupakan tahap penting yang harus dilewati ketika melamar pekerjaan. Amelia Santoso yang merupakan image consultant memberikan beberapa hal yang harus dilakukan saat seseorang mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja.

Tips-tips wawancara itu disampaikan Amelia Santoso dalam seminar Healthy Life For Good Perfomance yang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pekan lalu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan terlambat saat melakukan wawancara. Ketika terlambat pun jangan pergunakan alasan terkena macet. Menurutnya, terkena macet bukanlah alasan yang masuk logika. Ketika jalan yang dilewati seringkali terkena macet, maka perjalanan harus dilakukan setidaknya tiga jam sebelumnya.

“Jangan pernah datang terlambat lalu alasannya macet, kalau tahu macet ya berangkat tiga jam sebelumnya,” ujar Amelia.

Memilih pakaian yang dikenakan dalam wawancara juga merupakan sesuatu yang penting. Amelia menyarankan untuk memilih busana yang akan dipakai tiga hari sebelumnya. Pakaian yang dikenakan juga harus sesuai dengan tempat melamar pekerjaan, haruskah menggunakan pakaian yang elegan atau justru perlu penampilan yang casual.

"Memilih pakaian waktu hari H itu buang-buang waktu, belum lagi kalo baju yang kamu pakai kekecilan, kan harus cari yang lain," imbuhnya.

Menurut Amelia, barang bawaan ketika wawancara perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak membawa tas. Bawaan barang yang terlalu banyak bisa dititipkan terlebih dahulu sebelum memasuki ruang wawancara. Bersikap ramah dan menyapa pegawai akan membuat nilai tambah, Amelia menjelaskan bahwa orang yang akan mewawancara sudah memperhatikan calon pekerja dari pertama kali datang.

“Sapa pegawai yang ada di sekitar kamu, jangan bermain gadget. Dari pada bermain gadget lebih baik berinteraksi dengan orang sekitar,” tambahnya.

Ketika sudah berada dalam ruang wawancara, duduklah dengan tegap dan pandangan mata tertuju kepada orang yang mewawancara. Amelia memberikan saran dengan arah pandangan cukup di daerah mata atau dahi saja. Artikulasi dan intonasi merupakan hal yang paling penting saat melakukan wawancara. Menjawab pertanyaan harus dengan artikulasi jelas dan intonasi yang sesuai dengan keadaan.

Pada umumnya mengucapkan terima kasih hanya pada saat selesai melakukan wawancara. Tetapi jadilah calon pekerja yang berbeda, berikan ucapan terima kasih melalui e-mail tiga hari atau satu minggu setelah wawancara. Hal itu akan membantu untuk mendapatkan kesempatan lebih baik. Berikan juga kontak personal yang dapat dihubungi perusahaan tersebut dalam ucapan terima kasih yang dikirim melalui email.

“Jadilah pelamar kerja yang berbeda dengan mengucapkan terima kasih dua kali,” pungkasnya sembari menutup tips wawancara.  (MG-10)

Tulis Komentar Anda