Anak Selalu Merengek Minta Mainan, Berikut Antisipasinya

ilustrasi (Okezone.com)

BANYAK  ibu dilanda stres ketika harus menghadapi anak yang rewel di toko karena memaksa minta dibelikan mainan. Bukan tak ingin membelikan, tetapi pasti orangtua punya alasan tersendiri mengapa tidak mengabulkan permintaan si anak. 

Jika keadaan seperti itu sudah berulang kali terjadi, sepertinya orangtua butuh trik untuk mengantisipasi agar anak tidak rewel memaksakan keinginannya di depan umum hingga  menangis teriak-teriak. Dalam wawancara , Jumat (14/10/2016), psikolog klinis, Liza Marielly Djaprie membeberkan triknya. 

Buat kesepakatan 

Sebelum pergi sepakati dulu di rumah. Misalnya ingin beli mainan kuda-kudaan, maka kalau anak minta mainan lain jelaskan pada dia kalau permintaan lain tidak ada dalam perjanjian. 

Jadikan kebiasaan 

Biasakan tidak selalu mengabulkan semua permintaan anak. Pilih momen-momen yang pas untuk membolehkan anak meminta sesuatu pada orangtua. Contoh, ketika si kecil berulang tahun, berprestasi di sekolah, atau berhasil melakukan sesuatu. Dalam hal ini orangtua mengajarkan hak dan kewajiban pada si buah hati. 

Belajar tegas menolak 

Orangtua harus tegas menolak kalau anak memaksa. Jangan mudah luluh karena anak menangis. Jangan merasa anak bikin malu. Jelaskan alasan kenapa dia tidak dibelikan mainan. Dalam kurun waktu 4-5 kali anak akan belajar dan mengerti. (*)

 

 

 

 

Tulis Komentar Anda