Melihat Karakter Orang dari Kopi Kesukaannya

Salah satu stand dalam acara Thosand Cups From Jogja (Foto : Salsabila Annisa)

KOPI bisa menunjukan karakter orang yang meminumnya. Sebaliknya, setiap jenis kopi pun akan menemukan peminumnya masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Muhammad Zuhri, anggota yang dituakan dalam komunitas Barista Kopi Lovers (BKVR) sekaligus pemilik kedai kopi Slurp Coffee yang berada di utara XT Square Yogyakarta. Kepada KRjogja.com, Zuhri dibantu oleh salah satu muridnya, Aldino (23), menyebutkan berbagai jenis kopi dan karakter dari orang-orang yang biasa menyukai jenis kopi tersebut.

Espresso

Espresso yang memiliki kadar kafein yang tinggi dan pekat ini, menurut Aldi, biasanya dipesan oleh orang-orang yang pekerja keras. “Kopi untuk pekerja keras, karena espresso ini kopi paling pekat, kandungan kafeinnya tinggi. Biasanya orang yang suka ini adalah orang yang pekerjaannya selalu banyak dan butuh kafein tinggi agar tetap bisa berpikir meskipun mengantuk,” ujar Aldi.

Tubruk

Cara pembuatan kopi yang satu ini sangat sederhana atau paling umum. Hanya dengan mencampurkan bubuk kopi dengan air hangat, kita sudah dapat menikmati satu cangkir kopi tubruk. Menurut Zuhri, orang yang menyukai kopi ini biasanya adalah orang yang sederhana dan simpel. “Selain itu orangnya jujur, setia, dan apa adanya. Apa adanya ya sama seperti kopi tubruknya,” ujarnya sambil senyum-senyum saat diwawancarai krjogja.com di sela-sela acara Thousand Cups for Jogja di Sahid J-Walk Babarsari, Minggu (02/10/2016)

Cappucino

Cappucino yang rasanya manis dan biasanya disajikan dengan tampilan estetis, biasanya terdapat seni dalam segelas cappucino yang disebut dengan latte art. Tampilan estetis di permukaan segelas cappucino ini, menurut Zuhri, mayoritas penggemarnya adalah orang-orang yang ekspresif. “Iya biasanya yang suka cappucino itu ekspresif, riang, dan sedikit narsis, suka selfie. Biasanya orang-orang yang pesan cappucino tidak hanya mencari kopi, tapi mencari objek buat difoto juga, buat dipost ke sosmed, atau malah objek buat selfie,” papar Zuhri. (Salsabila Annisa)

Baca Juga :

Ingin Merasakan Karakter Kopi Sesungguhnya, Ini Syaratnya

Tulis Komentar Anda