Kota Yogyakarta

SOSIALISASI JKN DI PEMKOT YOGYA

PT Askes Siap Jadi BPJS Kesehatan


Tomi Sujatmiko | Senin, 23 Desember 2013 | 10:19 WIB | Dibaca: 800 | Komentar: 0

Suasana Sosialisasi JKN (Foto: Denny Hermawan)

YOGYA (KRjogja.com) - PT Askes (Persero) siap menjalankan fungsi sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 Januari 2014. Badan hukum yang diamanatkan undang-undang ini akan menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (PLH) Kepala Cabang Utama Yogyakarta, PT. ASKES (Persero) Ratih Subekti, saat memberikan materi dalam sosialisasi  Jaminan Kesehatan Nasional kepada para pejabat Pemkot Yogyakarta, Senin (23/12/2013). Menurutnya, JKN merupakan jaminan perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan pada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah.

"Para peserta jaminan Kesehatan akan membayar iuran premi Jaminan Kesehatan berupa sejumlah uang yang dibayarkan secara teratur oleh peserta, pemberi kerja atau Pemerintah untuk program jaminan kesehatan," jelasnya.

Ratih menjelaskan  iuran jaminan kesehatan untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatannya akan dibayar oleh Pemerintah. Iuran Jaminan Kesehatan bagi peserta pekerja penerima upah dibayar oleh pemberi kerja dan pekerja itu sendiri. Sedangkan iuran  jaminan kesehatan  bagi peserta bukan pekerja akan dibayar oleh pekerja yang bersangkutan. (Den)