Internasional

Topan Haiyan Ancam Filipina


Ivan Aditya | Sabtu, 9 November 2013 | 13:07 WIB | Dibaca: 244 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

MANILA (KRjogja.com) - Lebih dari 100 jiwa dikhawatirkan tewas akibat super Topan Haiyan yang melanda Filipina Jumat 8 November 2013. Angin topan dengan kekuatan besar itu sudah berpindah dari wilayah pusat Filipina. Topan Haiyan melanda di Pulau Samar, Filipina. Besarnya kekuatan angin memaksa jutaan warga berlindung ke tempat aman.

Angin topan tersebut saat ini mulai pindah ke wilayah lain. Selama menyerang Pulau Samar, Topan Haiyan memicu terjadinya longsor dan banjir. Angin juga menyebabkan beberapa pulau di Filipina mengalami kelumpuhan akibat putusnya aliran listrik dan komunikasi.

"Kekuatan topan sangat besar. Pasokan listrik kami terputus dan seluruh jalan tidak dapat dilalui karena banyak pohon tumbang, kami hanya bisa berdoa," ujar Gubernur Provinsi Leyte Selatan Roger Mercado, seperti dikutip Okezone, Sabtu (09/11/2013).

Pihak berwenang dan perusahaan komunikasi Filipina bekerja keras untuk memulihkan jalur komunikasi. Sementara 13 bandara terpaksa ditutup yang menyebabkan dibatalkannya 450 penerbangan domestik dan delapan penerbangan internasional.

Topan Haiyan disebut sebagai topan paling kuat -berdasarkan kecepatan angin- yang pernah melanda Filipina. Menurut peringatan topan Filipina, kekuatan angin Haiyan bisa mencapai 275 kilometer per jam. (*)