Kota Yogyakarta

Uji Kelayakan Komisioner Sangat Ketat


Tomi Sujatmiko | Selasa, 8 Oktober 2013 | 20:24 WIB | Dibaca: 470 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon komisioner KPU Kota Yogyakarta berlangsung sangat ketat. Setiap calon diberondong berbagai pertanyaan seputar pemilu di hadapan 5 Komisioner KPU DIY secara tertutup.

"Ada sepuluh calon yang kami seleksi secara maraton dari pagi hingga malam. Secara umum, mereka memahami kepemiluan dengan baik," ungkap Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan di sela uji kelayakan calon Komisioner KPU Kota Yogyakarta di Hotel Santika, Selasa (08/10/2013).

Hamdan menambahkan, usai menggelar seleksi untuk KPU Kota Yogyakarta, pihaknya juga akan menyeleksi di KPU Kabupaten lain di DIY. Seleksi tersebut digelar hingga Sabtu (12/10/2013) yang diawali untuk KPU Kota Yogyakarta, dilanjutkan Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan berakhir untuk Sleman. Hasil uji kelayakan tersebut tidak serta merta memunculkan 5 komisioner terpilih. Melainkan akan dibandingkan dengan tes tertulis yang sudah digelar sebelumnya.

"Setelah seluruh rangkaian selesai, kami berlima akan melakukan sidang pleno pada 16 Oktober 2013. Usai pleno akan kami umumkan secara serentak," imbuhnya. (R-9)