Bantul

Siswa SMK I Pundong Membatik Masal


Ivan Aditya | Rabu, 2 Oktober 2013 | 18:30 WIB | Dibaca: 728 | Komentar: 0

Sejumlah siswa memasang kain batik pada beton di lobi SMK 1 Pundong Bantul. (Foto : Sukro Riyadi)

BANTUL (KRjogja.com) - Sedikitnya 500 motif batik tercipta dalam aksi membantik massal yang digelar di SMK 1 Pundong Bantul, Rabu (02/10/2013). Dari ratusan jenis karya batik tersebut kebanyakan mengedepankan motif sesuai dengan jurusan masing-masing siswa.

Program membatik massal tersebut, orientasinya untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap kerajinan nenek moyang tersebut. Karena tanpa sikap peduli dan rasa memiliki sebuah karya sebagus apapun pada akhirnya akan terkubur zaman.

Aksi membatik bersama dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga tengah hari. Mereka tidak sekadar menggoreskan canting di atas kain namun sampai proses pewarnaan dan pengeringan. Bahkan karya dari mereka langsung dipajang di tiang beton sekolah.

Selain itu ratusan kain batik di pajang di sepanjang lorong sekolah, bahkan ada yang dalam bentuk pigura ditempel di atas pintu. Banyaknya karya batik tersebut dibuat sesuai dengan jurusan masing-masing.

“Yang ada jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik pengelasan serta Teknik Audio Video, dari jenis jurusan itulah tercipta sediktinya 500 karya,” ujar Dony Asmara Hadi (Guru Batik ) SMK I Pundong didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK 1 Pundong, Sutapa SPd disela acara.

Dijelaskan yang dimaksud motif batik sesuai jurusan, yakni siswa jurusa listrik misalnya membuat batik bermotif yang terkait dengan listrik, demikian juga pada jurusan komputer siswa akan membuat batik dengan corak mouse atau lambing kumputer lainnya. Dengan program tersebut diharapkan siswa benar-benar mengetahui bahwa sebenarnya kerajinan batik mudah dibuat. Setelah dilakukan penghitungan, sediktinya 500 karya batik aneka motif tercipta dalam kegiatan tersebut. (Roy)