Sleman

Asyik, Menwa Dibantu APBD


Tomi Sujatmiko | Sabtu, 21 September 2013 | 15:06 WIB | Dibaca: 607 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

SLEMAN (KRjogja.com) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (Sekjen DPP IARMI), Ir A Riza Patria MBA menilai permasalahan yang dialami resimen mahasiswa (menwa) yakni berupa masalah anggaran. Dengan anggaran minim membuat kegiatan atau program menwa tak dapat berjalan maksimal.

"Sejak bulan Oktober 2009 Kemendagri mengeluarkan surat edaran perihal bantuan pemda kepada resimen mahasiswa dalam program membangun kesadaran bela negara. Menwa dapat mengajukan proposal atau surat ke gubernur, walikota dan bupati agar kegiatan menwa dapat diajukan dalam anggaran APBD," kata A Riza Patria di sela-sela musprov IARMI di Kampus STIE YKPN Sleman, Sabtu (21/9).

Beberapa pengurus IARM yang telah berhasil mengakses dana APBD baik provinsi, kabupaten/kota yakni DKI, Jabar, Jateng, Jatim dan wilayah lainnya. Untuk itu kepengurusa di DIY dapat mengakses dana APBD untuk kegiatan menwa. Peran serta IARMI ini sangat dibutuhkan untuk membantu menwa.

Karena untuk menjalankan kegiatan memang harus ada dukungan anggaran yang memadahi khususnya dukungan anggaran kegiatan bela negara melalui mahasiswa. "Karena begitu pentingnya bela negara, IARMI wajib memberi dukungan dan bantuan," tegasnya. (Usa)