Kota Yogyakarta

Epos Ramayana Pengaruhi Kehidupan Masyarakat


Agus Sigit | Sabtu, 7 September 2013 | 14:25 WIB | Dibaca: 400 | Komentar: 0

Suasana seminar Ramayana Internasional (Foto: Warisman)

YOGYA (KRjogja.com) - Epos Ramayana memberi pengaruh pada kehidupan masyarakat Bali. Seperti misalnya ada hotel, jalan, taman dan tempat-tempat lain yang menggunakan nama dari tokoh-tokoh Ramayana. Seperti misalnya Ramayana, Laksmana, Hanuman, Sugriwa dan sebagainya.

Hal ini disampaikan oleh I Gede Made Indra Sadguna SSn MSn dari Sanggar Paripurna Gianyar Bali ketika menjadi pembicara pada Seminar Internasional Ramayana di Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Sabtu (7/9).

Menurut Indra, di Bali beberapa tokoh dalam Ramayana juga menjadi idaman. Ada yang menggunaka tokoh dalam cerita Ramayana untuk nama anaknya dengan harapan si anak kelak bisa mempunyai karakter seperti tokoh tersebut. Selain itu juga berperngaruh pada seni lukis dan seni pertunjukkan. Seni pertunjukan ada wayang, tari kecak dan sebagainya."Di Bali Ramayana maupun Mahabharata hidup di masyarakat, tetapi agak lebih populer Ramayana," kata Indra.

Seminar tersebut merupakan rangkaian festival Ramayana Internasional di Panggung Ramayana Prambanan. Indra yang merupakan dosen ISI Denpasar saat menjadi pembicara juga menampilkan para penari kontingen Indonesia 2 yang berasal dari Bali.Para penari yang memerankan tokoh Sinta, Trijata dan Rahwana diminta memberi contoh gerak tari yang menggambarkan karakter tokohnya.

Sementara Shashidharan Nair dari Shiram Bharatiya Kala Kendra yang menjadi wakil India menyebutkan, cerita Ramayana di India tetap hidup. Ceritanya tidak mengalami perubahan, yang berubah gaya penyajiannya. Baik tari maupun musiknya. Pertunjukkan di sana ada yang 2 jam 30 menit ada yang hanya 1 jam. (War)