Kedu Utara

Pelatihan Kepemimpinan Diaspora di Akmil


Agus Sigit | Senin, 2 September 2013 | 16:13 WIB | Dibaca: 462 | Komentar: 0

Sebagian peserta pelatihan kepemimpinan. (Thoha)

MAGELANG (KRJogja.com) - Pelatihan kepemimpinan Diaspora utusan Presiden RI digelar di Gedung Soedarto Akademi Militer (Akmil) Magelang. Kegiatan secara resmi dibuka Direktur Pembinaan Lembaga (Dirbinlem) Akmil Kolonel Kav Soebagio SIP, mewakili Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi.

Hadir dalam acara ini Ketua Fasilitator, Ahmad Reza Fahrurozi, dan para pendamping serta para Pejabat Distribusi Akmil. Pelatihan kepemimpinan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal mental maupun fisik agar peserta pelatihan memiliki keberanian dan SDM yang lebih profesional di bidangnya, sehinga nantinya mampu melaksanakan tugas mulianya di berbagai pelosok tanah air, khususnya daerah-daerah perbatasan, terisolir dan pulau terdepan.

Kegiatan pelatihan berlangsung 5 hari, mulai 2-6 September 2013. Diikuti 33 orang yang berlatar belakang pendidikan kesehatan, dengan materi pelajaran teori maupun praktik di lapangan, diantaranya pembentukan karakter, psikologi kepemimpinan, pembentukan sikap, wawasan kebangsaan, outbound, caraka malam maupun lainnya.

Gubernur Akmil dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Dirbinlem Akmil, diantaranya mengatakan kesempatan mengikuti program pelatihan kepemimpinan Diaspora tersebut sangat jarang dimiliki setiap peserta. Oleh sebab itu, selayaknyalah para peserta pelatihan harus memiliki rasa bangga, semangat dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti program pelatihan, serta penuh rasa tanggung jawab, sehingga dapat menghasilkan SDM bidang kesehatan yang handal dan militan.

Mengingat tugas yang akan diemban cukup berat, sangat diperlukan sekali nilai tambah (added value) yang harus dipersiapkan, diantaranya kebugaran fisik, kesehatan yang prima, kejuangan dan disiplin yang tinggi, serta mental kepribadian yang tangguh. Dengan profesionalisme yang tinggi nantinya dapat dipadukan dengan added value, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, sikap pantang menyerah dan keberanian serta disiplin yang tinggi dan mampu melaksanakan tugas mulia yang cukup berat dengan penuh keikhlasan maupun ketulusan serta tanggungjawab yang diembannya. (Tha)