Sportjogja

Tour de Jogja Bike Fest Digelar 5-6 Oktober 2013


Tomi Sujatmiko | Kamis, 29 Agustus 2013 | 22:05 WIB | Dibaca: 515 | Komentar: 0

YOGYA (KRjogja.com) - Dinas Pariwisata DIY, KONI DIY, Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama CGI Production mengelar 'Tour de Jogja Bike Festival (Bike Fest) pada 5-6 Oktober 2013 di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir Abdullah mengatakan DIY memiliki potensi akan wisata, alam dan kerap menjadi tuan rumah berbagai kegiatan sepeda bertaraf lokal maupun nasional. Dalam festifal ini, semua unsur itu dikolaborasikan yang tidak hanya sekedar bersepeda namun sekaligus mengenal lebih jauh berbagai objek wisata DIY.

"Tentunya para peserta akan diajak melewati berbagai rute-rute menarik dengan melewati beberapa objek wisata. Mereka juga akan dihibur berbagai kegiatan di masing-masing tempat wisata yang akan disinggahi," kata Tazbir di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (29/08/2013).

Tazbir mengungkapkan kegiatan ini dapat menjadi daya tarik penggemar sepeda sekaligus wisatawan untuk menikmati pariwisata DIY. Festifal ini diharapkan menjadi kegiatan reguler sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan pariwisata DIY.

Pimpinan CGI Production Dayang Komalasari menyampaikan kegiatan bersepeda berbasis pofesional ditargetkan diikuti setidaknya 300 peserta baik dari nasional maupun internasional. Selain perlombaan, event ini akan diramaikan kegiatan 'coaching clinic' dan festival rakyat.  "Peserta yang sudah konfirmasi ikut saat ini sudah 100 orang baik dari DIY Padang, Lampung dan Italia," imbuh Dayang.

Lebih lanjut para peserta akan menempuh rute dan jarak berbeda selama dua hari perlombaan. Pada hari pertama akan disuguhkan jarak tempuh 170 km dengan rute start dari RAY menuju Pantai Parangtritis, Pantai Krakal, Wonosari, Patuk, Piyungan dan finish di RAY. Rute hari kedua dengan jarak tempuh 130 km akan diawali dari RAY, Tugu Yogyakarta, Jalan Bantul, Jalan Jogja-Wates, Jalan Magelang, Turi, Telogo Putri, Maguwoharjo dan finish di RAY.

"Peserta akan dibagi menjadi tiga kategori sesuai klasifikasi kecepatan yaitu, kategori cepat, kategori sedang dan kategori normal. Masing-masing kategori akan dipimpin Road Captain, didampingi marshall dan diikuti oleh tim logistik, tim medis dan mobil," paparnya. (*-24)