Bola

Akhirnya, Viking dan Jak Mania Damai


Tomi Sujatmiko | Selasa, 16 Juli 2013 | 04:24 WIB | Dibaca: 1872 | Komentar: 0

JAKARTA (KRjogja.com) - Pimpinan Daerah Provinsi Jabar dan DKI Jaya mengikrarkan perdamaian dua kubu suporter yang selama ini saling berseteru, Viking dan The Jak Mania, yang berlangsung di kantor Menpora, Jakarta, Senin (15/07/2013).

Dalam acara buka puasa bersama, Menpora Roy Suryo secara khusus mengundang Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, Ketua Persija Ferry Paulus, Assisten Gubernur DKI Jakarta Bidang Pemukiman Haryono Suyono, yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk bersama-sama mengikrarkan perdamaian antara kedua kelompok Suporter. Ikrar damai tersebut juga disaksikan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husein.

"Malam ini The Jak dan Bobotoh bersatu, tak ada lagi perseteruan. Saya mengharapkan rekan-rekan media membantu menyebarkan pesan damai ini," seru Roy Suryo.

Menpora berharap, setelah ikrar ini,  kedepannya tak ada lagi permusuhan berbau kedaerahan, bukan hanya antara The Jak dan Viking, tetapi juga suporter di daerah lainnya. "Semoga malam ini bisa menjadi contoh bagi suporter lain kita bisa berdamai. Kalau jajaran atas bisa berdamai kenapa jajaran bawah suporter Tanah Air tak bisa. Semua harus bisa," tegas Menpora.

Sebagai tindak lanjut, Menpora juga berjanji akan mengundang secara khusus The Jak dan Viking untuk mengadakan pertemuan dan mediasi secara kekeluargaan. "Insya Allah kami (Kemenpora) siap mengawal perdamaian ini sampai selesai. Kami jadwalkan pertemuan antar kedua kelompok suporter di bulan Syawal. Semoga bisa menjadi tonggak bersejarah bagi kedua pihak," tutup Menpora.

Perseteruan antara kedua kelompok suporter Jakmania dan Viking kembali memanas setelah insiden pelemparan batu terhadap bus pemain Persib yang hendak menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno dari tempat mereka menginap di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Sabtu (22/06/2013) lalu. Akibat pelemparan ini,  beberapa pemain dan ofisial Persib mengalami luka-luka. Tak terima, suporter Maung Bandung, Bobotoh, membalas dengan cara merusak mobil berplat B asal Jakarta dengan kayu dan batu.(Fon)