Kota Yogyakarta

Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2014 Mulai Diumumkan


Ivan Aditya | Jumat, 12 Juli 2013 | 15:54 WIB | Dibaca: 496 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Validitas daftar pemilih pada pemilu 2014 dipastikan lebih valid dibanding pemilu sebelumnya. Hal ini lantaran publikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) diawali dari tingkat kelurahan sehingga setiap masukan bisa langsung masuk perbaikan. Publikasi DPS tersebut sudah dilakukan sejak Kamis (11/07/2013) kemarin dengan ditempelkan di tiap Kantor Kelurahan atau Balai RW.

"Hari ini sudah dua hari kami tempel di Balai RW. Banyak warga yang mulai mengamati namun belum ada masukan," ungkap Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kadipaten, Acep Kristianto saat dikonfirmasi, Jumat (12/07/2013).

Hingga 2 pekan mendatang atau 25 Juli 2013, PPS akan mengumpulkan setiap masukan, terutama warga yang merasa belum tercantum sebagai pemilih. Kemudian mulai 26 Juli 2013, seluruh masukan langsung dilakukan perbaikan dan diumumkan kembali pada 16 Agustus 2013.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) Kraton, Syamsul Hidayat menilai, dengan sistem publikasi DPS yang dimulai dari bawah tersebut harapannya dapat memudahkan akses masyarakat. Apalagi, PPS juga memiliki kewenangan untuk memperbaiki hasil DPS. Sehingga, validitas data lebih akurat.

"Jika kemarin PPS melakukan publikasi, sekarang giliran kami lakukan pleno DPS dari tiap kelurahan. Setelah itu kami bawa ke ranah KPU Kota. Harapannya, tidak ada pemilih yang tercecer," paparnya.

Jumlah DPS di Kecamatan Kraton, imbuh Syamsul mencapai 16.764 orang. Dibandingkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2014 yang dirumuskan oleh Kemendagri, mengalami pengurangan mencapai seribu orang. Syamsul menjelaskan, pengurangan tersebut lantaran temuan data warga ganda, tidak dikenal, meninggal dunia maupun warga yang sudah hilang ingatan.

Meski begitu, ada pula data pemilih tambahan. Yakni mahasiswa bukan penduduk kota namun memilih untuk menggunakan hak pilihnya di Kota Yogyakarta. "Kami sudah meminta warga yang tidak masuk dalam DPS agar melapor ke PPS. Nanti akan kami perbaiki bersama," imbuhnya.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Nasrullah sebelumnya mengungkapkan, jumlah total pemilih sementara untuk tingkat kota baru akan diplenokan Minggu (14/07/2013) besok. DPS tersebut merupakan hasil pemutakhiran DP4 yang dilakukan sejak 4 Juni 2013 lalu. Jumlah pemilih yang tercantum dalam DP4 itu sendiri mencapai 323.389 penduduk. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah ditetapkan sebanyak 955 TPS. (R-9)