Banyumas

Unsoed Gelar Pelatihan Sistem Informasi Kearsipan


Agus Sigit | Jumat, 12 Juli 2013 | 15:14 WIB | Dibaca: 377 | Komentar: 0

PURWOKERTO (KRjogja.com) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menggelar Pelatihan Sistem Informasi dan Kearsipan Dinamis (SIKD) bai seluruh jajaran kepegawaian kampus yang bertugas dalam bidang informasi, administrasi, dan kearsipan. Pelatihan menjadi penting, karena model kearsipan modern sekarang ini amat berbeda dengan sistem kearsipan sebelumnya, saat belum ada mekanisme Informasi Teknologi (IT) dengan komputer.

Humas Unsoed Purwokerto, Endang Istanti SH,MHum, di tempat kegiatan, Jumat (12/7), mengatakan pelatihan bertema Bimbingan Implementasi Aplikasi SIKD tersebut menggunakan tempat di Ruang Rapat Rektorat lantai satu Kampus Grendeng Purwokerto. "Ini adalah cara Unsoed mengenalkan teknologi baru dalam kearsipan kepada para pegawai di bidang kearsipan yang ada di jurusan, fakultas, maupun prodi yang ada," katanya.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Unsoed Purwokerto, Agus Nugroho SH, MM mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut menjadi kebanggaan bagi Unsoed karena merupakan hibah teknologi kearsipan dari Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Yang jelas, kata Agus Nugroho, sehabis pelatihan, para peserta akan menemukan manfaatnya, terutama saat memulai kerja kearsipan yang baru. Kearsipan dinamis sekarang ini, sesuai dengan visi Unsoed, yakni World Class Civiq University. "Salah satu pendukung visi adalah teknologi, karena dengan teknologi akan mempermudah sebuah pekerjaan dan ketinggalan jaman termasuk arsip" ungkap Agus Nugroho.

Pelatihan yang diadakan selama tiga hari ini mulai Kamis (11/7) tersebut diikuti para kepala bagian, kepala sub. bagian, staf administrasi dan arsiparis Unsoed. Narasumber untuk acara tersebut terdiri Drs Karseno, MHum (Arsiparis Madya ANRI) dan Irwanto Eko Saputro, SKom, MSi (Pranata Komputer Muda). (Ero)