Kedu Utara

Pemkab Pertimbangkan Bangun Jalan Lingkar Parakan


Agus Sigit | Kamis, 11 Juli 2013 | 17:18 WIB | Dibaca: 343 | Komentar: 0

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Pemerintah Kabupaten Temanggung berencana mendirikan Pasar Hewan Terpadu Parakan Temanggung. Namun karena belum ada sosialisasi yang mendalam kalangan DPRD mempertanyakannya perencanaan tersebut mengingat pada 2014 juga sedang dibangun pasar Legi Parakan.

" Kami meminta penjelasan pada eksekutif terkait rencana pasar terpadu dan jalan lingkar Parakan," kata Anggota FPAN Erda Wahyudi, Kamis (11/7).

Dikemukakan, penjelasan secara detail diperlukan terutama sejauh mana keterdesakan program dimaksud. Penjelasan ini akan dibahas di tingkat DPRD baik di komisi yang membidangi maupun Fraksi. Bila memang sangat mendesak bisa dianggarkan, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan yang ada.

Bupati Temanggung Hasyim Afandi mengatakan pembangunan jalan lingkar Parakan akan disusun feasibility study (FS) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) setelah itu baru disusun Detailed Engineering Design (DED). DED ini sangat diperlukan karena akan menguraikan kemacetan lalulintas dari simpang tiga masuk Kota Parakan dan beban lalulintas dalam Kota Parakan yang saat ini mulai dilewati kendaraan berat antar kabupaten.

Sedangkan pembangunan pasar hewan akan mendekatkan prasarana pemasaran ternak bagi para peternak di Kecamatan� sekitarnya. Diharapkan dengan kemudahan pemasaran hasil peternakan akan mendorong masyarakat Kecamatan Parakan dan Sekitarnya untuk lebih mengembangkan usaha budidaya peternakan.

Dikemukakan populasi ternak di Kecamatan Parakan, Bansari, Kledung, Bulu dan Kedu saat ini, untuk sapi potong 9.759 ekor, kambing 2.154 ekor dan Domba 35.099 ekor. "Pasar terpadu sangat dibutuhkan untuk pembuatannya akan menunggu FS, Amdal dan DED," katanya. (Osy)