Solo

Jembatan Komplang Bikin Macet Arus Mudik


Yon Haryono | Selasa, 9 Juli 2013 | 09:23 WIB | Dibaca: 225 | Komentar: 0

ilustrasi(Foto:dokumen)

SOLO (KRjogja.com)-  Pembangunan Jembatan Komplang Banjarsari, Solo dipastikan tidak akan rampung pada H-2 Lebaran 2013. Pembangunan jembatan penghubung jalur Surabaya-Solo-Jakarta itu diperkirakan kelar November mendatang. Atas kondisi tersebut, kuat dugaan kemacetan pada arus mudik dan balik Lebaran, akan macet. Para pemudik yang akan  melintasi Jalan Ki Mangun Sarkoro yang dihubungkan Jembatan Komplang harus bersabar dan hati-hati jika terjadi antrean.Terlebih jika melintas pada malam hari.

Menurut papar pelaksana proyek jembatan, Sabari, kondisi jalan menyempit dan gelap sehingga sedikit mengganggu perjalananan pengguna jalan. Bila tidak ingin melintasi lokasi proyek, pengguna jalan bisa melintasi jalur alternatif yakni Jalan Letjen Suprapto ke utara- Jalan Adisumarmo dan berlanjut ke Jalan Ki Mangun Sarkoro. "Kami bersama instansi terkait sudah merancang pengalihan jalur tersebut termasuk memasang rambu-rambu penunjuk arah," katanya.

Dikatakan, proses pengerjaan jembatan baru saja dimulai yakni membongkar badan jembatan serta meruntuhkan pondasi penyangga. Setelah pengerjaan itu baru akan dimulai pembangunan jembatan yang baru. "Sayangnya di tengah jalan kami mengalami kendala. Ternyata di bawah bangunan jembatan ada jaringan telepon penghubung se Jawa. Saat ini kami sedang konsentrasi memindahkan jaringan telepon itu," katanya.

Terpisah, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo, M Usman mengatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait manajemen rekayasa arus lalu lintas selama pekerjaan pembangunan jembatan Komplang. Memberlakukan dua arah khusus bagi kendaraan berat. Langkah ini dilakukan sesuai masukan tokoh masyarakat setempat tentang kondisi Jalan Letjen Suprapto yang rusak parah akibat pengalihan arus proyek jembatan tahun lalu.(Hwa)