Nusantara

Runway Bandara Kuala Namu Terpanjang di Sumatera


Ivan Aditya | Sabtu, 6 Juli 2013 | 22:20 WIB | Dibaca: 369 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

MEDAN (KRjogja.com) - Bandara Internasional Kuala Namu yang rencananya akan beroperasi pada 25 Juli mendatang, menjadi Bandara Internasional dengan landasan pacu (runway) terpanjang di Sumatera. Di mana dengan panjang runway mencapai 3.750 meter, bandara tersebut akan cukup mampu menampung aktifitas pesawat berbadan besar.

Kepala Project Implementation Unit (PIU) Kuala Namu, Joko Wasito menyatakan, runway bandara ini dibuat sesuai standar yang berlaku untuk bandara internasional saat ini. Bandara tersebut juga siap menampung kedatangan 33 pesawat per jam, termasuk yang berbadan lebar Boeing seri 747 dan Airbus A-380.

"Sistem di sini, mulai dari landasan, pengisian avtur dan parkir, bisa melayani kepentingan itu pesawat berbadan lebar. Jadi nantinya kita berharap, banyak maskapai dunia yang memanfaatkan bandara ini. Kalau ke Eropa, Timur Tengah dan Amerika, saya pikir tidak perlu transit lagi. Karena semua sistem kebutuhan pesawat sudah kita siapkan," terangnya, Sabtu (6/7/2013).

Joko juga mengatakan, Bandara yang berlokasi di Desa Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumut Sumatera Utara itu, diharapkan dapat menjadi etalase terdepan bagi Indonesia, untuk kegiatan promosi kepariwisataan, khususnya di wilayah Sumatera.

"Kalau banyak pesawat berbadan lebar yang melayani penerbangan jauh, lintas benua, maka kita akan lebih mudah melakukan promosi wisata. Dan saya harap peluang ini dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh stakeholder yang ada," tutupnya. (Okz/Van)