Politik & Hukum

Jelang Pemilu 2014, Caleg 'Serbu' Ki Kusumo


Tomi Sujatmiko | Kamis, 4 Juli 2013 | 23:33 WIB | Dibaca: 244 | Komentar: 0

KI Kusumo (Foto: Istimewa)

JAKARTA (KRjogja.com) - Biaya politik untuk kampanye calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu mendatang dipastikan meningkat dua kali lipat ketimbang  pemilu 2009. Salah satu penyebabnya lantaran masa kampanye pemilu 2014 lebih panjang.

"Demi alasan efisiensi, tak sedikit para caleg menempuh jalan alternatif. Mereka khawatir sudah mengeluarkan dana kampanye besar tapi tak jadi. Makanya mereka datang ke tempat praktek saya di Jatiasih Bekasi, Jawa Barat, “ ujar Ki Kusumo saat dihubungi wartawan Kamis (04/07/2013).

Konsultan supranatural ternama ini mengaku ‘diserbu’ para caleg setiap hari. Tak hanya caleg dari pusat namun juga dari daerah.

Menurt Ki Kusumo, para caleg tersebut tak hanya berharap bantuan supranatural dari dirinya. “Sebagian besar sudah tahu jika saya punya ormas Komando Pejuang Merah Putih (KPMP), yang anggotanya mencapai 30 juta dan tersebar di 33 propinsi,” lanjutnya.

Menariknya, selain caleg juga ada beberapa calon bupati dan calon gubernur yang mendatanginya. Sayangnya, pria yang juga berprofesi sebagai produser film ini enggan menyebut nama-namanya. "Tidak etislah saya sebut nama. Yang jelas mereka masih percaya tentang adanya kekuatan lain di luar kuasa manusia," pungkas Ki Kusumo. (Sim)