Kota Yogyakarta

PPDB SD Jalur RTO, Siswa Lokal Prioritas


Agus Sigit | Rabu, 26 Juni 2013 | 20:36 WIB | Dibaca: 617 | Komentar: 0

YOGYA (KRjogja.com) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD jalur Real Time Online atau RTO hanya menjangkau untuk 16 sekolah. Sedangkan 73 sekolah lainnya masih menggunakan sistem non RTO. Sehingga, calon anak didik yang nantinya terlempar dari sistem RTO, masih memiliki kesempatan luas mendaftar di sekolah non RTO.

Menurut Ketua Panitia PPDB Kota Yogyakarta 2013, Samiyo, mekanisme seleksi masuk SD hanya berdasarkan usia. "Usia 6 tahun dapat diterima dan usia 7 tahun wajib diterima. Tetapi, nanti tetap ada persaingan jika ada usia sama sesuai dengan daya tampungnya," ungkapnya, Rabu (26/6/2013).

Total daya tampung dari 16 SD jalur RTO, mencapai 1.148 kursi. Samiyo menambahkan, bagi siswa lokal atau yang tinggal di sekitar SD bakal mendapat prioritas. Yakni dengan mendapatkan penambahan usia 90 hari.

Saat calon siswa baru melakukan verifikasi di sekolah yang dituju, maka tambahan umur bagi yang berasal dari wilayah itu langsung masuk dalam sistem. Kebijakan tersebut agar orang tua memasukkan sekolah jenjang SD di wilayahnya masing-masing. "Pemerataan SD di Kota Yogyakarta sudah cukup menjangkau wilayah. Sehingga, harapannya cukup melakukan pendaftaran di wilayahnya saja," tandasnya.

Verifikasi SD jalur RTO tersebut berakhir, Kamis (27/6/2013) besok. Pengumuman bisa diakses melalui website yogya.siap-ppdb.com atau langsung datang ke sekolah pada Jumat (28/6/2013). Bagi peserta didik yang belum diterima, maka kesempatan masih dibuka pada SD non RTO yang pendaftarannya dimulai 1-3 Juli 2013. (R-9)