Berita

Senin, Siswa KMS Diverifikasi


Tomi Sujatmiko | Minggu, 23 Juni 2013 | 18:37 WIB | Dibaca: 275 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS), Senin (24/6/2013) memasuki babak baru. Tingkat persaingan untuk melanjutkan ke sekolah negeri dipastikan berlangsung sengit.

Berdasar hasil pendataan, pemegang KMS yang akan melanjutkan ke jenjang SMP Negeri mencapai 2.265 siswa.
Sementara kuota yang diberikan hanya 863 kursi. Sedangkan untuk melanjutkan jenjang SMA/SMK Negeri mencapai 2.068 siswa yang akan memperebutkan 133 kursi SMA dan 909 kursi SMK.

Ketua Panitia PPDB Kota Yogyakarta 2013, Samiyo mengakui jika persaingan siswa KMS tahun ini lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran jumlah siswa pemegang KMS juga jauh lebih tinggi. "Proses verifikasi dilakukan di sekolah yang akan dipilih. Kami berikan waktu dua hari, yakni Senin (24/6/2013) dan Selasa (25/6/2013)," ungkapnya saat dikonfirmasi KRjogja.com, Minggu (23/6/2013).

Karena itu, Samiyo meminta agar siswa pemegang KMS teliti dan jeli memilih sekolah. Bahkan bagi siswa yang nilainya tidak terlalu tinggi agar tidak buru-buru melakukan verifikasi. Melainkan mencermati hasil verifikasi siswa lainnya terlebih dahulu baru menuju sekolah yang berpotensi diterima.Diakuinya, beberapa orang tua siswa KMS memiliki fanatisme untuk masuk ke sekolah tertentu. Akan tetapi, besaran nilai yang dimiliki putra-putrinya harus menjadi pertimbangan.

"Sekolah negeri kan bukan satu-satunya. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Apalagi, dari segi pembiayaan, Dinas Pendidikan juga memberikan akses yang mencukupi," paparnya. (R-9)