Kota Yogyakarta

HASIL UN 2013 SE-YOGYAKARTA SELATAN

SD Surokarsan 2 Naik Peringkat


Tomi Sujatmiko | Minggu, 23 Juni 2013 | 12:21 WIB | Dibaca: 419 | Komentar: 0

Prosesi pelepasan dan serah terima siswa kelas 6 (Foto : Ida Tungga)

YOGYA (KRjogja.com) - Menjelang tutup tahun ajaran 2012/2013, SDN 2 Surokarsan Yogyakarta, atau yang biasa disebut SD Surokarsan 2, berhasil mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Dari 28 Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah Ranting Yogyakarta Selatan, sekolah yang terletak di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta tersebut berhasil menduduki peringkat ke-9 dalam perolehan nilai Ujian Nasional (UN) 2013.

Seluruh siswa kelas 6 SD, yang terdiri dari 15 anak, juga berhasil lulus dalam UN 2013 tersebut. Perolehan nilai terbaik diraih oleh Shafa Aulia Dewi, yaitu 27,15.

Kepala Sekolah SD Surokarsan 2 Yogyakarta, Suprapti SPd, menyampaikan kabar gembira tersebut di hadapan orangtua dan siswa yang menghadiri acara Pelepasan dan Serah Terima Siswa Kelas 6 SD Surokarsan 2 Yogyakarta, yang diselenggarakan Sabtu (22/6), di sekolah tersebut.

"Tahun lalu, dari 35 SD se-UPT Yogyakarta Selatan, SD Surokarsan 2 berada di peringkat 32. Tapi tahun ini, dari 28 SD yang ada di wilayah UPT Yogyakarta Selatan, SD Surokarsan 2 berhasil menduduki peringkat ke-9. Lompatan peringkat ini adalah prestasi tertinggi yang pernah diraih oleh sekolah sejak didirikan pada sekitar tahun 1984-1985," katanya.

Menurut Suprapti, prestasi apik tersebut bukan semata capaian prestasi yang didapat secara instan oleh ke-15 siswa kelas 6. Prestasi tersebut merupakan untaian panjang dari proses belajar mengajar yang telah ditempuh para siswa, sejak mereka duduk di kelas 1 hingga berhasil merampungkan studi di kelas 6, dengan bimbingan para guru SD Surokarsan 2.

Torehan prestasi tersebut juga menjadi bukti dari kerja keras yang telah dilakukan sekolah, baik oleh guru maupun siswa, serta komite sekolah dan orang tua siswa yang selalu memberikan dukungan penuh dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakan di SD Surokarsan 2 Yogyakarta.

"Prestasi ini harus kita syukuri. Usaha dan kerja keras yang kita lakukan selama ini, serta komitmen untuk mencapai prestasi yang terbaik, akhirnya benar-benar dapat diraih bersama-sama. Namun, kita juga harus menyadari bahwa prestasi ini sesungguhnya bersifat sementara saja. Jadi, jangan pernah terlena. Kita harus tetap berjuang untuk meningkatkan diri. Sebab, masih banyak potensi yang bisa dikembangkan,” papar Suprapti.    (ida tungga)