Kota Yogyakarta

Kejuaraan Drum Band HB Cup Siap Digelar


Danar Widiyanto | Kamis, 20 Juni 2013 | 11:40 WIB | Dibaca: 629 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto: Doc)

YOGYA (KRjogja.com) - Pengda PDBI DIY akan menggelar rangkaian kegiatan Kejurnas Antar Club Drum Band/Marching Band Hamengku Buwono Cup Tahun 2013. Acara akan digelar pada 22 hingga 23 Juni mendatang.

Ketua Umum Pengda PDBI DIY Ferry Astono menjelaskan, pada 22 Juni akan digelar pembukaan acara di Kompleks Kepatihan. Setelah itu akan dilakukan 'street parade' dari Kepatihan menuju Alun-Alun Utara.  "Akan ada lomba maskot, yang membawa kebudayaan asli masing-masing kontingen. Untuk tahun ini peserta yang terjauh berasal dari Banjar Baru Kalimantan Selatan," ujarnya, Kamis (20/06/2013) di Yogyakarta.

Ia menambahkan, puncak lomba berupa display seluruh kontingen, yang akan diadakan di GOR Among Rogo pada 23 Juni, pukul 09.00-16.00 WIB. Tahun ini terdapat 20 grup dari berbagai kota di Indonesia yang berpartisipasi, meningkat dari jumlah peserta tahun lalu yang hanya 15 grup. "Tahun lalu beberapa kota dari Sumatra ikut, namun tahun ini tidak ada. Kami harapkan ke depan lebih banyak kota yang terlibat," tambahnya.

Ia mengaku, panitia sudah mengadakan audiensi dengan gubernur pada 18 Juni lalu. HB X menurutnya menghendaki agar tetap ada parade di Malioboro. Ini sebagai daya tarik bagi masyarakat, dan simbol 'kulo nuwun' pada masyarakat.
 
"Salah satu tujuan acara ini adalah mengundang orang datang ke Yogya, meningkatkan kunjungan wisata ke Yogya. Diperkirakan 1500 hingga 2000 orang datang ke Yogya untuk melihat Hamengku Buwono Cup 2013," ujarnya.

Kejuaraan ini memperebutkan trophy bergilir Hamengku Buwono X, trophy walikota, dan trophy dari Suzuki Indojaya, untuk klasemen umum, senior, dan junior. Ada juga trophy dari Dinas Pariwisata untuk maskot terbaik. Kejuaraan ini digelar kali kedua setelah sempat vakum penyelenggaraannya sejak 1991. (Den)