Kesejahteraan Sosial

Lomba Foto Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Tomi Sujatmiko | Selasa, 18 Juni 2013 | 17:07 WIB | Dibaca: 428 | Komentar: 0

JAKARTA (KRjogja.com) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar lomba dan pameran foto dalam rangka HUT RI ke 68. Lomba yang mengambil tema Indonesia di Hatiku ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengekspresikan kecintaannya kepada Indonesia melalui penggemar fotografi.

"Lomba ini bertujuan untuk memberi ruang kepada anak muda untuk mengekspresikan kecintaannya kepada Indonesia lewat foto," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomo Kreatif Mari Elka Pangetu di Jakarta, Selasa (18/06/2013).

Dipaparkan, foto merupakan seni yang diharapkan bisa menciptakan ekonomi. Selain itu foto juga bisa menceritakab dan  sarana promosi potensi pariwisata daerah yang sangat efektif. "Kami berharap melalui foto, orang bisa mendapatkan uang tentu akan meningkatkan kesejahteraan mereka. Juga foto bisa menceritakan dan mempromosikan pariwisata ," tegasnya.

Dipaparkan, lomba foto yang memperebutkan hadiah dengan total Rp 282,d juta dan piala Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ini dibuka dari tanggal 11 Mei hingga 18 Juli 2013. Sedangkan pengumuman akan dilakykan tanggal 17 Agustus 2013 dan para penyerahan hadiah kepada pemenang akan dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2013.

Dijelaskan, lomba dan pameran kali ini diharapkan target yang daftar akan lebih banyak dari tahun 2012 lalu. Pada tahun 2012 jumlah foto yang masuk mencapai 12.808 foto. Sementara untuk kali ini foto yang sudah masuk hingga tanggal saat ini baru 4005 foto. Saat ini foto yang paling banyak berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan hadiah yang akan diperebutkan yakni untuk kategori pelajar juara  hadiahnya Rp 30 juta dan piala presiden dan piagam, dan 5 finalis mendapatkan masing masing Rp 7,5 jutadan piala dan piagam. (Lmg)