Kedu Utara

Kampoeng Dolanan Nusantara Ada di Borobudur


Tomi Sujatmiko | Selasa, 18 Juni 2013 | 02:42 WIB | Dibaca: 628 | Komentar: 0

Warga sedang memainkan gasingan (Foto : M Thoha)

MAGELANG (KRjogja.com) - Dusun Sodongan Desa Bumiharjo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang ditetapkan menjadi Kampoeng Dolanan Nusantara, Senin (17/06/2013). Sedangkan peluncuran (soft launching) dilakukan dengan membunyikan permainan tradisional dari bahan bambu, yaitu 'Erek-Erek'.

Abet Nugroho, 'Lurah' Kampoeng Dolanan Nusantara Sodongan mengatakan dengan adanya wahana Kampoeng Dolanan Nusantara ini berupaya menggali kembali nilai permainan tradisional yang ada di setiap permainan tradisional, seperti kegotongroyongan, kekompakan, kejujuran sampai sportivitas.

"Keprihatinan-kepirhatinan itu kita wujudkan dengan membuka Kampoeng Dolanan Nusantara ini. Disini disediakan pusat informasi mengenai berbagai dolanan tradisional termasuk memainkannya diluar ruangan," tandasnya.


Secara terpisah, Endi Aras (penggagas Kampoeng Dolanan Nusantara) mengatakan selain di Sodongan Borobudur Magelang, Kampoeng Dolanan Nusantara juga akan dibuka Kampoeng Dolanan Nusantara di Rest Area Urug Tasikmalaya, menysul kemudian di komplek Taman Wisata Candi Prambanan maupun lainnya.

Endi Aras merasa prihatin terhadap perkembangan permainan tradisional di Indonesia. Berangkat dari keprihatinan ini, ia memulai dengan mengumpulkan berbagai jenis permainan tradisional dan berbagai referensi dipelajarinya.(Tha)