Kedu Utara

Seminar Seni Pertunjukan Digelar


Ivan Aditya | Sabtu, 15 Juni 2013 | 18:49 WIB | Dibaca: 209 | Komentar: 0

Kegiatan seminar saat berlangsung di GAAHC Magelang. (Foto : Thoha)

MAGELANG (KRjogja.com) - Dalam rangka ikut mendukung rangkaian kegiatan Borobudur International Festival (BIF) 2013, di Grand Artos Aerowisata Hotel and Convention (GAAHC) Magelang digelar seminar mengenai seni pertunjukan, bertemakan ‘Peleburan Budaya Lokal dan Budaya Luar’. Prof Dr HM Ahman Sya, Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tampil sebagai keynote spech dalam seminar ini.

Juju Masunah, Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kepada KRjogja.com disela-sela seminar mengatakan, kreativitas Bangsa Indonesia juga muncul karena sentuhan atau karena pengaruh dari luar. "Dalam hal pengembangan ruang-ruang kreatif di Kota-Kota Pusaka, diharapkan seni pertunjukan menjadi bagian daya tarik kehadiran kunjungan wisatawan ke Kota-Kota Pusaka itu," katanya.

Dikatakan juga oleh Juju Masunah, bahwa kegiatan seminar ini digelar dalam rangka ikut mendukung rangkaian kegiatan Borobudur International Festival (BIF) 2013. Dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kegiatan BIF 2013 dalam berbagai sisi, diantaranya dalam pertunjukan, seminar dan mengangkat konteks haritage.

Dalam BIF 2013 ini mengangkat 'kekayaan' Bangsa Indonesia berupa Candi Borobudur. "Satu bukti nyata kreativitas Bangsa Indonesia, kebudayaan yang begitu tinggi, yang sudah muncul sejak beberapa abad lalu," tambahnya. (Tha)