Kedu Utara

Sosialisasi Prestasi Kerja PNS


Yon Haryono | Selasa, 11 Juni 2013 | 13:36 WIB | Dibaca: 241 | Komentar: 0

ilustrasi

MUNGKID (Krjogja.com) – Pemkab Magelang mulai mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja PNS dan peraturan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 tahun 2013 tentang petunjuk teknis pelaksanaan PP tersebut.

Sosialisasi diikuti oleh Para Pejabat SKPD dan Pejabat pengelola Kepegawaian yang berlangsung selama dua hari mulai Senin hingga Selasa (10-11/06/2013) dengan nara sumber oleh Kepala Bidang Bimbingan teknis Pada Kantor Regional I BKN Yogyakarta Drs Slamet Wiyono.

Menurut Drs H Utoyo, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, melalui PP itu, setiap SKPD  harus selalu proaktif memperbaiki pola pkir dan perilaku PNS serta mengembangkan rasa keyakinan yang kuat dalam memahami ketentuan PP tersebut. “PP baru ini untuk menjamin obyektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem karier dan prestasi kerja yang dititikberatkan ke arah pengendali perilaku kerja yang produktif,” katanya.

Dikatakan, pelaksanaan PP itu akan diterapkan dan dilaksanakan mulai tanggal 1 Januari 2014, diawali dengan penyusunan sasaran kerja pegawai sebagai kontrak kerja dalam satu tahun. “PP itu diamanatkan sebagai pengganti dari PP Nomor 10 tahun 1979 tentang penilaian pelaksanaan pekerjaan PNS yang dikenal dengan DP-3,” terangnya.

Terkait penilaian PNS yang akan dilakukan kedepan, kata Utoyo, dilakukan berdasarkan prinsip obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan serta dilakukan oleh pejabat penilai satu kali dalam satu tahun. “Prinsipnya, PNS kedepan harus meningkatkan kualitas kerjanya. Berdasar PP itu, kinerja PNS sangat terukur,” ungkapnya. (Bag)