Kedu Utara

2.479 Calhaj Belum Lunasi BPIH


Yon Haryono | Selasa, 11 Juni 2013 | 13:05 WIB | Dibaca: 339 | Komentar: 0

ilustrasi

TEMANGGUNG (KRJogja.com) - Kepala Kemenag Jawa Tengah, Choerudin, mengatakan, untuk Jawa Tengah yang belum melunasi bIaya perjalanan haji dari 29.000 orang, tinggal 2.479 orang saja. Karena itu, bagi calon jamaah yang belum melunasi biaya haji maka akan diberangkatkan pada tahun 2014."Para jamaah calon haji agar segera  melunasinya, sebab dikhawatirkan jika pelunasan secara bersamaan maka kesulitan mengakses sehingga bisa tertunda," jelas Choerudin disela-sela pembukaan  Manasik Haji Massal Kabupaten Temanggung di Graha Bumiphala Temanggung, Selasa (11/06/2013).

Hadir dalam pembukaan Manasik massal haji tahun 2013 Bupati Temanggung Hasyim Afandi dan Sekda Bambang Arohman. Diutarakan, pelunasan BPIH  tahab kedua diberikan kepada mereka kuota nasonal, diantaranya jamaah diatas usia 83 orang. Untuk kabupaten Temanggung terdapat 22 orang yang berusia 83 tahun dan pendamping, sehingga jumlahnya 44 orang. "kalau tahun ini pendamping harus satu Kepala Keluarga (KK)," tegasnya.

Dikatakan, untuk maktab yang disewa oleh pemerintah tahun 2013 ini jumlahnya sebanyak  216 maktab atau tempat tinggal, dan jumlah tersebut lebih kecil dibandiingkan maktab tahun 2012 silam yang mencapai 346 unit."Tempat tinggal jamaah calon haji asal indnesia nantinya, terkelompok dan tak terpisah-pisah," paparnya.

Terpisah Kepala Kemenag Kabupaten Temanggung,  Puji Khamdani, mengatakan, jumlah jamaah calon haji asal Temanggung tahun 2013 sebanyak 583  orang, dan 4 orang diantaranya masih berstatus pelajar. Sementara dari jumlah tersebut,  12 orang yang belum melunasi atau belum menyerahkan surat pelunasan BPIH. Pelaksanaan manasik ditingkat kabupaten Temanggung berlangsung 10 kali, yakni 3 kali pelaksanaan manasik haji dintingkat kabupaten dan 7 kali untuk tingkat  kecamatan 7 kali."Unuk tingkat kecamatan pelaksananya  diselenggarakan  oleh KUA setempat," jelasnya.(Mud/Bdi)