Kota Yogyakarta

Empat Calon DPD Wajib Perbaiki Berkas Dukungan


Ivan Aditya | Sabtu, 8 Juni 2013 | 13:15 WIB | Dibaca: 437 | Komentar: 0

Ketua KPU DIY, Any Rohyati menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada perwakilan bakal calon anggota DPD RI. ( Foto : Ardhi Wahdan)

YOGYA (KRjogja.com) - Dari 14 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang berkas dukungannya diverifikasi, terdapat 4 calon yang wajib melakukan perbaikan. Masa perbaikan tersebut tidak bisa diremehkan lantaran bisa menggagalkan proses pencalonan.

Keempat bakal calon yang wajib memperbaiki berkas dukungan tersebut ialah Fidelis Indriarto, Sidarto Danusubroto, Muhamad Hirsam dan Surawan. Anggota KPU DIY Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sapardiono mengungkapkan, pihaknya memberikan waktu 10 hari atau hingga 18 Juni 2013 untuk melakukan perbaikan.

"Bagi yang sudah memenuhi syarat, maka tinggal menunggu saja. Hasil verifikasi faktual ini langsung kami kirimkan ke Jakarta," ungkapnya di sela pemaparan hasil verifikasi faktual di Hotel Novotel, Sabtu (08/06/2013).

Verifikasi faktual berkas dukungan tersebut sebelumnya dilakukan oleh KPU Kabupaten dan Kota. Sementara KPU DIY tinggal merekapitulasi serta merangkum untuk disampaikan kepada masing-masing bakal calon.

Jumlah berkas dukungan yang diverifikasi diambil sampel 10 persen dari total dukungan yang diserahkan ke KPU. Bakal calon yang melakukan perbaikan, harus mengumpulkan berkas dukungan dari awal lagi. Yakni minimal 2.000 dukungan pemilih yang dinyatakan dalam daftar nama pendukung, tanda tangan dan fotokopi KTP.

"Berkas yang dikumpulkan ini boleh lama, baru atau kombinasi. Tetapi jika mengumpulkan berkas lama, maka resikonya ditanggung sendiri," ungkap Sapardiono.

Oleh karena itu, masa perbaikan dukungan harus dipergunakan sebaik-baiknya. Pasalnya, saat verifikasi ulang berkas dukungan dan masih ditemui pendukung yang tidak sesuai, maka kesempatan untuk ditetapkan sebagai calon DPD langsung tertutup. (R-9)