Semarang

MASTER PLAN TELAH DISIAPKAN

Hebat, Akan ada KA Bandara-Ambarawa


Yon Haryono | Sabtu, 1 Juni 2013 | 01:10 WIB | Dibaca: 747 | Komentar: 0

ilustrasi(Foto:dokumen)

SEMARANG (KRjogja.com)- Kepala Pusat Pelestarian Benda dan Aset Bersejarah PT KAI, Ella Ubaidi mengatakan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap akan mengutamakan pembukaan jalur kereta api Tuntang-Kedungjati sebagai jalur wisata, sekaligus sebagai angkutan barang. Pemerintah telah menyiapkan master plan jalur KA wisata dari Bandara Ahmad Yani hingga Stasiun Ambarawa.Reaktivasi jalur ini bisa dihubungkan dengan KA bandara yang nantinya akan dibangun. "Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Semarang dapat langsung memilih paket wisata kereta api mulai dari bandara," tegas Ella, Jumat (31/05/2013).

Dikatakan, menghidupkan kembali jalur Tuntang-Kedungjati sebagai jalur wisata, paling memungkinkan. Tujuannya, untuk mengantisipasi jalur ini akan sepi penumpang seperti jalur Semarang-Solo, hingga membuat jalur tersebut tak dilalui KA penumpang lagi."Kalau sepi, jelas pasti akan sepi seperti Semarang-Solo. Karena itu, yang paling memungkinkan untuk meramaikan jalur ini cuma kereta wisata," tandasnya.

Menurutnya, di awal pengaktifan jalur sepanjang 30 kilometer ini, PT KAI akan menyatukan kereta wisata dengan angkutan barang. Angkutan barang akan menghubungkan Semarang-Ambarawa, sehingga dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya terutama dari Semarang ke Magelang.

"Konsepnya, KA barang akan digandeng dengan KA wisata. Kalau nanti PT KAI sudah untung, dua kereta ini akan dipisah dan berjalan masing-masing," katanya sembari menambahkan reaktivasi jalur ini perlu didukung dengan pengembangan kegiatan ekonomi lokal yang tidak hanya berada di sekitar stasiun, namun bisa meluas ke wilayah sekitarnya. Sehingga tiga stasiun yakni Tempuran, Gogodalem, dan Beringin yang akan dikembalikan lagi fungsinya, tetap bisa hidup dan beraktivitas seperti dulu lagi.(Bdi/Sus)