Kota Yogyakarta

Difoto Copy, E-KTP Tak Rusak


Tomi Sujatmiko | Selasa, 7 Mei 2013 | 16:21 WIB | Dibaca: 508 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

YOGYA (KRjogja.com) - Kekhawatiran chip Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP yang rusak akibat difotokopi sebenarnya tidak perlu dirisaukan. Meski ada surat edaran agar tidak sering difotokopi, namun hal itu bukan merupakan bentuk pelarangan.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta, Deddy Feriza, e-KTP justru sama sekali tidak diperbolehkan untuk distaples. "Yang jelas akan merusak itu bukan fotokopi, tetapi justru staplesnya karena bisa menembus chip," tandasnya, Selasa (07/05/2013).

Chip e-KTP, kata Deddy, terletak persis di atas pas foto. Alat tersebut akan rusak jika mendapati pemanasan 150 derajat. Sehingga jika dibandingkan dengan pencahayaan dalam mesin fotokopi, maka chip tersebut dipastikan tidak akan mengalami kerusakan.

Akan tetapi, per 1 Januari 2014 mendatang, fotokopi kartu identitas atau e-KTP praktis sudah tidak akan diberlakukan kembali. Pasalnya, paling lambat pada akhir tahun ini semua kantor pelayanan publik akan menerima alat pemindai atau pembaca e-KTP. "Beberapa layanan sekarang ini masih membutuhkan berkas fotokopi kartu identitas. Tetapi mulai 2014, sudah tidak ada lagi fotokopi itu karena semua sudah menggunakan fasilitas elektronik," paparnya. (R-9)