Nusantara

2014, Revitalisasi Kraton Surakarta Dimulai


Danar Widiyanto | Selasa, 7 Mei 2013 | 03:22 WIB | Dibaca: 328 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto: Doc)

CIREBON (KRjogja.com) - Sebanyak 189 Kraton di Indonesia belum direvitalisasi, oleh karena itu pemerintah melalui Kemenko Kesra akan merevitalisasi bangunan bersejarah tersebut.

Kini baru 4 kraton yang direvitalisasi yakni Kraton Kasepuhan,Kanoman,Kacirebonan,Keprobonan , dan rencananya pada tahun 2014 akan merevitalisasi Keraton Surakarta. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pendiidkan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, di Kraton Kanoman Cirebon, Senin (06/05/2013) malam dalam Rakor Tingkat Cagar Budaya Kraton dan Gerbang Kampung. Acara dibuka oleh Menko Kesra Agung Laksono, dihadiri staf Kemenpu, Kemenperra, Kemenkesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif da Kementerian Pertanian.

Sedangkan untuk museum terdapat 320 Museum, baru 35 museum yang direvitalisasi, termasuk Museum Nasional.

Dalam pengarahanya Menko Kesra mengatakan, untuk merevitalisasi empat kawasan kraton di wilayah Cirebon yang meliputi Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, Kaprabonan. Ditargetkan, program tersebut bisa tuntas pada 2015.

"Dana yang disiapkan untuk revitalisasi kawasan Keraton di Cirebon mencapai Rp 159,4 Miliar dan diharapkan bisa selesai dalam dua tahun," ujar Agung Laksono.

Program revitalisasi tersebut bagian upaya pelestarian keraton sebagai aset budaya bangsa. Program ini juga untuk mendorong kawasan Cirebon sebagai destinasi wisata. Kawasan Cirebon memiliki bekal untuk menjadi wisata kelas dunia. Pasalnya, potensi besar telah dimiliki seperti peninggalan fisik (keraton, keris) serta non fisik (bahasa, tarian). (Ati)