Kedu Utara

Nyaleg, Baru 3 Kades Siap Letakkan Jabatan


Danar Widiyanto | Senin, 6 Mei 2013 | 23:10 WIB | Dibaca: 204 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto: Doc)

MUNGKID (KRjogja.com) – Pemkab Magelang belum menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian kepada 14 kades yang mencalonkan diri sebagai bakal calon legislative (bacaleg) Pemilu 2014. Dari 14 kades itu, baru tiga  orang yang sudah menyatakan siap meletakkan jabatan kades. Untuk lainnya, belum diketahui kesiapannya.

"Baru dua kades yang secara resmi telah mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada bupati. Bahkan sudah melalui musyawarah di BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan camat. Satu lainnya masih bersifat lisan. Sedang sisanya, belum  diketahui kepastiannya," kata Plt Kabag Tata Pemerintahan, Masrukan SSos, Senin (06/05/2013).

Sementara Divisi Hukum dan Pencalonan KPU Kabupaten Magelang, Reni Pujiastuti SH, membenarkan ada 14 kades yang ikut mendaftar sebagai bacaleg, tetapi belum melengkapi persyaratan pengunduran dirinya. Sebagian akan mengakhiri masa jabatannya tahun ini, dan sebagian lagi tahun depan. "Selain kades, ada 27 anggota DPRD aktif yang ikut mendaftar sebagai bacaleg, juga belum melampirkan surat pengunduran diri," katanya, terpisah.

Selain beberapa hal itu, kata Reni, beberapa bacaleg juga belum melengkapi beberapa persyaratan lain. Diantaranya lampiran hasil tes kesehatan dari rumah sakit, legalisir ijasah dan data pribadi yang belum diisi secara lengkap.

Terkait hal itu, pihaknya masih memberikan kesempatan pada parpol untuk melengkapi apa yang belum dipenuhi tersebut. "Hari ini (kemarin, red), kami mengadakan rapat pleno tentang hasil verifikasi bacaleg itu. Selanjutnya, hasil rapat pleno itu akan kami sampaikan ke parpol untuk diperbaiki dan lengkapi. Untuk perbaikannya sendiri, kami tunggu hingga tanggal 22 Mei mendatang," tandasnya. (Bag)