Kampus

FH UNS Jawara 'Peradilan Semu'


Tomi Sujatmiko | Senin, 6 Mei 2013 | 15:41 WIB | Dibaca: 382 | Komentar: 0

Tim peradilan semu FH UNS (Foto : Qomarul Hadi)

SOLO (KRjogja.com) - Fakultas Hukum Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) kembali menjadi juara lomba peradilan semu (moot court community) tentang penebangan hutan secara liar dan meraih tropi konservasi bergilir.

Selain meraih juara, tim FH UNS juga memborong enam predikat terbaik meliputi pembuatan berkas terbaik, majelis hakim teraik, penuntut umum terbaik, penasehat hukum terbaik, panitera terbaik dan ahli terbaik. "Saksi ahli terbaik baru kali pertama diperebutkan dan UNS juga berhasil mememiliki predikat terbaiknya," jelas Aryani Widhiastuti, salah seorang mahasiswa FH UNS, Senin (06/05/2013).

Dominasi FH UNS di atas menyingkirkan 11 peruguruan tinggi terkemuka termasuk Universitas Trisaksi Jakarta dan UI. Lomba peradilan semu digelar di Universitas Negeri Semarang (Unnes) pertengahan April. Atas keberhasilan itu ,ahasiswa FH ingin terus mempertahankan prestasi terbaiknya. Mereka bangga mampu mengungguli fakultas hukum yang lain.

Menurut Aryani sukses FH UNS karena dalam memaparkan sidang kasus penebangan hutan secara liar diperkuat dengan tampilan informasi teknologi. Dalam sidang itu ada tampilan data melalui slide. Terobosan ini cukup menarik dan ada keinginan penegak hukum yang hadir dalam acara itu ingin meniru apa yang ditampilkan FH UNS. "Selain diperkuat IT, kasus yang dipilih juga menarik." (Qom)