Kesejahteraan Sosial

BNPB Bangun Shelter Tsunami di Sumbar


Tomi Sujatmiko | Jumat, 3 Mei 2013 | 19:09 WIB | Dibaca: 445 | Komentar: 0

JAKARTA (KRjogja.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2013 akan membangun sejumlah shelter tsunami di daerah titik rawan gempa. Sebagai langkah awal shelter Tsunami tersebut diprioritaskan ada di pantai Barat provinsi Sumatera Barat.

"BNPB akan membentengi pantai barat Sumatera Barat dari ancaman tsunami dengan membangun shelter, anggarannya diperkirakan Rp3 triliun lebih," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono kepada pers usai rakor Percepatan Pembangunan NTT, di kantor Kemkokesra Jakarta, Jumat (03/05/2013).

Menurut Agung prioritas pertama dilakukan di wilayah itu mengingat laut Sumatera Barat yang landai. Shelter akan dibangun di sepanjang pantai mulai dari ujung Aceh hingga Sumatera Barat dan Bengkulu. Meski tersedia bangunan tinggi dan tempat  ibadah yang dapat digunakan sebagai shelter, pada saat bencana lokasinya akan  terlalu jauh sehingga penggunaannya tidak bisa dimaksimalkan untuk cepat menyelamatkan diri.

Karena itu, lanjut Agung, shelter khusus untuk gempa dan tsunami ini akan dimaksimalkan fungsinya sesuai dengan prosedur untuk menyelamatkan warga dari bencana. "Shelter akan dilengkapi sistem peringatan dini juga jalur evakuasi, agar orang bisa lari dengan cepat,  Pantai barat Padang, menjadi daerah prioritas karena masih menyimpan kekuatan gempa yang besar, "ungkapnya. (Ati)