Politik & Hukum

Tentara 'Sok Jagoan' Laporkan Saja!


Danar Widiyanto | Rabu, 1 Mei 2013 | 02:52 WIB | Dibaca: 590 | Komentar: 1

Ilustrasi (Foto: Doc)

JAKARTA (KRjogja.com) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) meminta masyarakat agar terus membantu mengawasi kinerjanya. Salah satunya, dengan cara mengadukan setiap penyimpangan atau pelanggaran yang dilakukan anggota TNI dalam penyelenggaraan tugas pokok TNI.

Menurut Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Geerhan Lantara, TNI kini memiliki layanan pengaduan melalui pesan singkat. “TNI telah menandatangani perjanjian kerja sama tentang layanan SMS Gateway dengan empat penyelenggara jasa Telekomunikasi. Layanan SMS Gateway dengan kode akses 1978 merupakan upaya pelayanan pengaduan masyarakat (Dumas) tentang kinerja TNI,” kata Geerhan dalam keterangan tertulisnya kepada KRjogja.com, Selasa (30/04/2013) malam.
 
Geerhan mengatakan, peningkatan pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh TNI pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan daya guna, hasil guna, tertib hukum dan tertib tindak dibidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan TNI. “Itjen TNI siap melayani laporan atau pengaduan dari masyarakat melalui layanan SMS Gateway secara mudah dan cepat,” katanya.
 
Lebih lanjut, Geerhan mengatakan, layanan SMS ini diluncurkan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap upaya pencegahan dan meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan dalam penyelenggaraan tugas pokok TNI. “Serta realisasi komitmen TNI dalam upaya mewujudkan Transparansi dan Reformasi Birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan yang bersih dan baik,” katanya.

Selain itu, Geerhan menjelaskan, layanan ini untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka ikut serta mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, serta nepotisme. “Termasuk TNI dapat meningkatkan pelaksanaan tugasnya sesuai dengan harapan masyarakat,” katanya. (Ndw)