Kedu Utara

KPA akan Sediakan Outlet Kondom


Agus Sigit | Rabu, 24 April 2013 | 15:46 WIB | Dibaca: 345 | Komentar: 0

Ilustrasi. Foto: Dok

MUNGKID (KRjogja.com) - Untuk mencegah penyebaran virus HIV AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Magelang, dalam waktu dekat akan membuka outlet kondom bekerjasama dengan LSM, Barmaspuan KB dan instansi terkait lain. Namun sebelumnya, KPA akan melakukan pelatihan kepada para kader yang dipilih.

"Kader itu sendiri nantinya kita ambil dari para sukarelawan, mantan penderita, atau orang yang tahu persis siapa saja yang berpotensi menggunakan," kata Sekretaris KPA Kabupaten Magelang, Bambang Dwi Purnomo Rabu (24/4).

Outlet itu sendiri, kata Bambang, diharapkan bisa menjadi tangan panjang dari KPA untuk menyalurkan kondom berijin bagi pengguna, serta alat suntik berijin bagi Pemasun (Pemakai Alat Suntik). "Jumlah kondom yang kita dapat pada semester pertama dari KPA Provinsi sebanyak 8400. Saat ini belum kita terima, masih ada di Provinsi," terangnya.

Sementara dari data yang masuk ke KPA, pada tahun 2012 kemarin, terdapat sebanyak 22 orang yang positif menderita HIV/AIDS. Jumlah tersebut terdiri dari 12 orang perempuan dan 10 orang laki- laki. Sedangkan jumlah penderita Infeksi Menular Seksual (IMS) sebanyak 832 orang. (Bag)