Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya dan PMI Kerjasama YES 118


Agus Sigit | Rabu, 17 April 2013 | 16:46 WIB | Dibaca: 259 | Komentar: 0

Tuty setyowati dan adi heru. (Foto: Deni H)

YOGYA (KRjogja.com) - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan hari ini menandatangani perjanjian kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Yogyakarta tentang Penyelenggaraan Yogyakarta Emergency Service (YES) 118. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Tuty Setyowati dan Ketua PMI Kota Yogyakarta, Adi Heru Husodo, di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Rabu (17/4).

Dalam perjanjian ini Dinas Kesehatan selaku pihak pertama sepakat untuk memberikan bantuan biaya pemeliharaan sarana dan prasarana kantor untuk penyelenggaraan program YES 118. Ini meliputi bantuan bahan bakar untuk Ambulan YES 118 dari lokasi kejadian ke Rumah Sakit, bantuan jasa petugas (medis, paramedis, sopir), bahan medis habis pakai selama di lokasi kejadian menuju rumah sakit, biaya jasa petugas operator, petugas paramedis dan pengemudi, biaya komunikasi, dan biaya operasional YES 118.

PMI Kota Yogyakarta selaku pihak kedua mempunyai kewajiban untuk melaksanakan program YES 118 dan melaporkan hasilnya kepada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dengan waktu pelaksanaan setiap hari. Ini termasuk hari libur, selama 24 jam di seluruh wilayah Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Tuty Setyowati mengatakan, kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.  Hal ini terutama dalam hal kegawatdaruratan baik di jalan raya maupun di rumah. "Termasuk pula peningkatan mutu layanan kesehatan yang diberikan," ujarnya.

Sementara itu Ketua PMI Cabang Yogyakarta Adi Heru Husodo mengatakan, dengan sinergi yang dibangun ini masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang yang semakin baik. Pelayanan yang semakin baik inipun menurutnya harus bisa terus dilaksanakan setiap saat. "Harapannya ke depan semoga kepedulian kepada masyarakat yang memerlukan, yakni korban kecelakaan, masyarakat tidak mampu dan orang sakit dapat ditingkatkan," katanya. (Den)