Sleman

KPU Sleman Buka Pendaftaran Caleg


Danar Widiyanto | Senin, 8 April 2013 | 17:57 WIB | Dibaca: 386 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto: Doc)

SLEMAN (KRjogja.com) - KPU Kabupaten Sleman mulai membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg), Selasa (09/04/2013) mulai pukul 08.00. Untuk itulah setiap parpol peserta pemilu dapat mendaftarkan setiap calegnya. Pendaftaran harus dilakukan oleh penghubung yang dipercaya oleh masing-maisng parpol.

Anggota KPU Sleman Divisi Humas dan Informasi, Hazwar Iskandar Jaya mengatakan, pendaftaran ini dibuka selama 14 hari sampai tanggal 22 April mendatang. Dengan dibukanya pendaftaran caleg ini diharapkan setiap parpol untuk segera mendaftarkan ke KPU Sleman.

Disebutkan, hingga saat ini ada 12 parpol yang lolos verifikasi sebagai peserta pemilu. “Tetapi apakah semua parpol mau mengajukan calegnya kita belum tahu,” ujarnya kepada Krjogja.com di sela-sela rapat persiapan pendaftaran caleg di kantor KPU Sleman, Senin (08/04/2013).

Untuk persyaratan menjadi caleg, lanjutnya, yakni WNI dengan usia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat dan menjadi anggota salah satu partai politik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kartu tanda anggota (KTA).

Dalam mendaftarkan calegnya, setiap parpol tak boleh melebihi dari jumlah kursi di DPRD Sleman. “Di Sleman sendiri memperebutkan 50 kursi. Sehingga setiap partai calegnya tak boleh mebelihi jumlah itu, kalau kurang boleh,” tambah Hazwar menegaskan.

Setelah pendaftaran selesai, pihak KPU akan melakukan verifikasi. Bila ada persyaratan bagi caleg pihaknya akan meminta yang bersangkutan untuk melengkapi. Setelah verifikasi tersebut vdiselesaikan dijadwalkan bulan Agustus akan muncul nama-nama daftar calon tetap (DCT). (Usa)