Nusantara

Penyerangan Lapas Cebongan Dilandasi Semangat Korsa


Ivan Aditya | Kamis, 4 April 2013 | 18:53 WIB | Dibaca: 855 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

JAKARTA (KRjogja.com) - Ketua tim investigasi TNI AD Brigjen Unggul K Yudhoyono, menyatakan motif 11 oknum Kopassus dari Grup II Kopassus Kartasura menyerbu LP Cebongan adalah karena rasa sakit hati terhadap empat pelaku pembunuh Sertu Santosa di Hugos Cafe beberapa waktu lalu.

"Karena mereka (pelaku) mempunyai rasa jiwa Korsa yang tinggi dan secara spontan melakukan penyerangan LP Cebongan," kata Unggul di Kartika Media Center Jalan Abdurahman Saleh I No 48 Jakarta Pusat, Kamis (04/04/2013).

Dijelaskan Unggul, setelah 11 orang ini mendengar kematian Sertu Santosa lantaran dikeroyok dan ditusuk oleh kelompok Deki Cs, tak berselang lama, seorang anggota TNI AD, yaitu Sertu (Inf) Sriyono, anggota Kodim 0734 Kota Yogyakarta, juga ikut dibacok oleh preman yang diduga masih komplotan Deki Cs.

Dua kejadian ini membuat mereka secara spontan langsung melakukan penyerangan ke LP Cebongan tanpa perencanaan matang. "Apalagi proses pembunuhan Sertu Santosa begitu sadis, sehingga mereka marah dan ingin membalas dendam, semuanya tidak mereka rencanakan," pungkasnya. (Okz/Van)