Pantura

Pindah Partai, Anggota Dewan Harus Mundur


Tomi Sujatmiko | Rabu, 27 Maret 2013 | 19:25 WIB | Dibaca: 379 | Komentar: 0

Pengurus Parpol di Grobogan mendengarkan sosialisasi dari KPU setempat. (Foto: M Taslim)

GROBOGAN (KRjogja.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan Ir Jati Purnomo MSi mengingatkan,  jika ada anggota DPRD Grobogan yang keluar dari keanggotaan partai yang mengusungya dan memilih bergabung dengan partai lain, pengurus partai bersangkutan harus mengeluarkan dari keanggotaan termasuk di DPRD.
     
"Persyaratan pencalonan anggota Dewan harus sesuai Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013. Salah satunya adalah calon yang diajukan berasal dari anggota parpol bersangkutan. Jika ada anggota DPRD Grobogan yang keluar dari keanggotaan partai yang mengusungya dan memilih bergabung dengan partai lain, maka pengurus partai bersangkutan harus mengeluarkan dari keanggotaan partai dan posisinya sebagai DPRD," tegasnya ketika melakukan sosialisasi kepada partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 tentang persyaratan pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di ruang aula PKPRI Purwodadi, Rabu (27/03/2013).

Hal itu dikatakan karena tersiar ada beberapa anggota DPRD Grobogan hasil Pemilu 2009 yang akan mencalonkan lagi tetapi melalui partai lain karena partai sebelumnya tidak lolos sebagai partai peserta Pemilu 2014. Pada Pemilu Tahun 2014, KPU menyediakan 50 kursi di legislatif. (Tas)