Kota Yogyakarta

Harga Cabai Rawit Merah Merangkak Naik


Ivan Aditya | Kamis, 21 Maret 2013 | 19:11 WIB | Dibaca: 262 | Komentar: 0

Harga cabai rawit merah sejak 2 minggu ini mengalami kenaikan. (Foto : Saifullah Nur Ichwan)

YOGYA (KRjogja.com) - Harga cabai rawait merah sejak 2 minggu ini mulai merangkak naik. Saat ini harga cabai rawit merah mencapai Rp 40 ribu - Rp 45 ribu per Kg.

Ny Juli di Pasar Gamping mengatakan, hampir setiap hari harga cabai rawit merah naik sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kg. Bahkan sekarang ini sudah mencapai Rp 45 ribu per Kg.

"Hanya cabai rawit  merah saja yang naik, sedangkan harga cabai keriting merah dan hijau masih stabil berkisar Rp 15 ribu- Rp 20 ribu per Kg. Kenaikan sejak beberapa hari ini," kata Juli, Kamis (21/03/2013).

Menurut Juli, kenaikan harga cabai rawit merah ini karena barang tersebut banyak dikirim ke luar pulau Jawa. Sehingga stok untuk kebutuhan di pulau Jawa menjadi berkurang dan menyebabkan kelangkaan.

"Sekarang ini untuk mendapatkan cabai merah memang agak sulit, soalnya banyak yang dikirim ke luar Jawa. Kalau mau mendapatkan barang, harus berani membeli dengan harga mahal," ujarnya.

Hal sama juga dikatakan pedagang lainnya, Elmi Haryanti. Ia menjual cabai rawit merah Rp 40 ribu per Kg. Kenaikan itu dirasakan sejak 2 minggu yang lalu.

"Saya tidak begitu tahu penyebab naiknya harga cabai rawit merah. Sementara harga bawang merah dan bawang putih justru turun," katanya. (Sni)