Pantura

KLH Pekalongan Bangun IPAL Komunal


Tomi Sujatmiko | Senin, 18 Maret 2013 | 12:08 WIB | Dibaca: 410 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

PEKALONGAN (KRjogja.com) - Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Pekalongan akan membangun lagi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal untuk mengelola air limbah rumah tangga. Tahun ini, IPAL komunal akan dibangun di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara.

Kepala KLH Kota Pekalongan Aris Sidharcahya, Senin (18/03/2013) menjelaskan IPAL itu akan mengelola air limbah dari 48 rumah tangga. Pembangunannya sendiri bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Asean People Exchange (APEX), Yayasan Bina Karya Lestari (Bintari), dan Pusat Pengembangan Teknologi Limbah Cair (Pusteklim).

Aris mengatakan pembangunan IPAL komunal untuk mencegah pencemaran air tanah dari bakteri e-coli akibat pembuangan limbah rumah tangga yang kurang memadai. Sedangkan lokasinya disekitar kuburan orang Eropa (kerkop) di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara. “Berdasarkan survei, lokasi tersebut merupakan yang paling cocok untuk pembangunan IPAL komunal,”katanya.

Sebelumnya, KLH bekerja sama dengan JICA APEX, Yayasan Bintari dan Pusteklim berhasil membangun IPAL komunal untuk mengelola air limbah rumah tangga di RT 03/RW 06 Kelurahan Landungsari, Kecamatan Pekalongan Timur. (Riy)