Pantura

Target Partisipasi Pemilih 80 Persen


Tomi Sujatmiko | Senin, 18 Maret 2013 | 11:52 WIB | Dibaca: 238 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

KUDUS (KRjogja.com)- Angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kudus yang berlangsung 26 Mei 2013 diharapkan bisa mencapai 80 persen. Padahal saat Pemilukada tahun 2008 angka partisipasi hanya 31 persen.

Hal tersebut dikatakan Anggota KPU Kudus Divisi Sosialisasi, Hubungan Pertisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi, Eni Misdayani, Senin (18/03/2013). "Kami akan berusaha meningkatkan partisipasi masyarakat dengan berbagai cara. Selain sosialisasi secara masif, kami juga membuka gerai online DPS bekerjasama dengan Universitas Muria Kudus (UMK). Target kami, angka golput tak lebih dari 20 persen,” ungkapnya.

Eni menjelaskan KPU bersusaha menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi, menjadi kunci untuk menurunkan jumlah golput. Pihaknya tidak ingin masyarakat kehilangan hak konstitusinya dalam Pemilukada Kudus, termasuk juga pada Pemilukada Jawa Tengah yang digelar bersamaan.

"Kami tak ingin kasus pemilukada 2008 terulang, di mana angka golput mencapai hampir 70 persen atau tertinggi di Jawa Tengah. Untuk Pemilukada Kudus 2013 ini, partisipasi masyarakat harus bisa meningkat minimal dua kali lipat. Syukur bisa menyentuh angka 80 persen,” tegasnya.(Trq)