Internasional

Jeb Bush Calon Presiden AS Tahun 2016


Tomi Sujatmiko | Senin, 11 Maret 2013 | 14:05 WIB | Dibaca: 184 | Komentar: 0

Jeb Bush (Foto: the New York Daily)

WASHINGTON (KRjogja.com)- Adik mantan Presiden George W. Bush, Jeb Bush, disebut akan menjadi salah satu calon kuat presiden Amerika Serikat (AS) dalam pemilu tahun 2016 mendatang. Jika terpilih, mantan Gubernur Florida itu akan meneruskan kekuasaan dinasti Bush dalam Pemerintahan AS.

Jeb menyatakan, dirinya belum memutuskan akan mencalonkan diri sebagai presiden atau tidak pada pemilu mendatang. Namun banyak pengamat mengklaim Jeb sudah mulai mengumpulkan dukungan dengan mulai sering tampil di depan publik.

“Saya belum mau memikirkan pencalonan sebelum waktunya tepat,” ujar Jeb saat tampil dalam sebuah acara televisi, seperti dikutip NBC News, Senin (11/3/2013).

Dalam wawancara itu Jeb juga berpendapat sejarah akan mengingat kakaknya sebagai seorang presiden yang baik. Selama ini George W. Bush dikritik atas kebijakannya selama Perang Irak dan Krisis Finansial Global.

“Banyak yang memuji kepemimpinan ayah saya, saya pikir sejarah juga akan memuji kepemimpinan kakak saya,” pungkasnya.

Salah satu kebijakan yang digadang Jeb Bush antara lain reformasi di bidang imigrasi. Dirinya mendukung diberikannya kewarganegaraan kepada para imigran yang telah lama berada di Amerika Serikat. Dia pun berniat untuk merangkul kelompok konservatif yang selama ini menolak mendukung para imigran.

Dalam pemilu tahun 2016 nanti, Jeb Bush akan bersaing dengan sesama anggota Partai Republik, Marco Rubio. Dari Kubu Demokrat sendiri banyak yang menduga Mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Wakil Presiden Joe Biden akan mencalonkan diri sebagai presiden. (Okz/Tom)