Kota Yogyakarta

BP2KY Promosikan Pariwisata di Singapore


Ivan Aditya | Sabtu, 2 Maret 2013 | 14:28 WIB | Dibaca: 315 | Komentar: 0

Stan BP2KY saat Pameran Natas di Singpura. (Foto : Istimewa)

YOGYA (KRjogja.com) - Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) mengawali rangkaian kegiatan promosi luar negeri kembali mengikuti ajang promosi pariwisata di National Association Travel Agent Singapore (Natas) Holiday 22 hingga 24 Februari 2013. Kegiatan ini merupakan pameran pariwisata terbesar di Singapura yang diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun.

Selain dari unsur BP2KY, delagasi promosi pariwisata Yogyakarta juga terdiri atas perwakilan hotel, DPD Asita DIY, Dinas Pariwisata DIY, dan lain sebagainya. Delegasi Yogyakarta menempati 2 booth yang masing-masing difasilitasi oleh BP2KY serta Dinas Pariwisata DIY.

Direktur Eksekutif BP2KY Artin Wuriyani mengatakan Natas merupakan pameran bergengsi yang selalu ditunggu-tunggu para stakeholder pariwisata dari berbagai negara dan benua. Pameran ini menjadi ajang promosi yang sangat bagus, terlebih Singapura sendiri masuk dalam kategori penyumbang wisatawan yang cukup tinggi bagi Yogyakarta.

Berdasarkan data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2012 dari pintu kedatangan Adisucipto saja terjadi kenaikan kunjungan wisatawan Singapura yang cukup bagus. Tahun 2011, kunjungan wisatawan Singapura sekitar 349.248 orang, sementara di tahun 2012 naik menjadi 365.782 orang.

“Singapura adalah negara dengan pangsa pasar wisatawan yang cukup besar. Tidak hanya dari masyarakat Singapura sendiri, akan tetapi juga wisatawan yang datang ke Singapura,” ujar Artin di Kantor BP2KY, Sabtu (02/03/2013).

BP2KY selama ini memang tidak pernah absen mengikuti pameran Natas Holiday Singapura, baik pada pameran periode pertama yang digelar di triwulan pertama, maupun periode kedua yang digelar pada triwulan ketiga. “Tahun ini BP2KY memang sudah mempersiapkan sejumlah program kegiatan promosi luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Belanda dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lebih lanjut Artin mengatakan BP2KY selama ini menerapkan skala prioritas terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilakukan, baik itu yang diarahkan untuk pengembangan pemasaran dalam dan luar negeri, sinergitas kemitraan, maupun pencitraan.

“Di sinilah sinergitas diperlukan, dimana program yang tidak bisa tercover oleh BP2kY bisa tercover oleh program dan kegiatan promosi dari dinas dan instansi lain di Yogyakarta, demikian pula sebaliknya,” paparnya (*-24)