Pantura

DPRD Pati 'Terusik' Dana Sertifikasi Guru


Yon Haryono | Senin, 25 Februari 2013 | 14:25 WIB | Dibaca: 456 | Komentar: 2

ilustrasi

PATI (KRjogja.com) - DPRD Pati kini kondisinya sedang marah berat. Melalui Komisi IV anggota dewan yang terhormat ini akan segera  memanggil Dinas Pendidikan setempat untuk mengklafisikasi  merebaknya isu yang tidak sedap. Bahwa dana sertifikasi guru di Pati selama dua bulan ini belum bisa dicairkan akibat digunakan  anggota dewan.Keterangan yang dihimpun menyebutkan, dari belasan ribu guru yang mengajar di Pati terdapat  6.259 orang guru yang mendapat sertfikasi. Mereka  terdiri dari 5.580 guru PNS dan 679 guru lagi dari non PNS.

Pemerintah pusat pada tahun 2012 harus mengeluarkan anggaran hingga Rp 180 miliar untuk membayar sertifikasi. Namun sejumlah guru dikabarkan harus menunda penerimaan dana sertifikasi karena terdapat anggaran sebanyak  Rp 20 miliar yang diisukan masih dipakai DPRD Pati. Sehingga hak guru dalam menerima dana sertifikasi bulan Nopember dan Desember 2012 belum dicairkan.
 
 Merebaknya isu tidak sedap tersebut tentu saja dianggap memojokan pihak DPRD Pati. Sehingga memaksa DPRD akan memanggil pimpinan Disdik Pati. Sekretaris Komisi IV DPRD Pati, Drs H Muhammad Ali Chabib ketika dikonfirmasi Senin (25/2) menegaskan akan segera memanggil pimpinan  Disdik Pati. Anggota dewan ingin mendapat penjelasan secara umum  terhadap penggunaan dana   sertifikasi guru. “Kami juga akan minta klarifikasi kebenaran berita diluar yang menyebutkan ada anggaran Rp 20 miliar yang dipakai dewan” ujarnya.

 Menurut Ali Chabib, klarifikasi tersebut dianggap sangat penting. Karena isu penggunaan dana sertifikasi oleh dewan sangat santer di luar. “Sehingga membuat posisi dewan malu dan terpojok” kata politikus PKB asal Kayen ini.
Pihak dewan, tambahnya lagi, akan mempertanyakan apakah  dana sertifikasi memang  belum keluar atau sudah keluar namun justru disetorkan ke Disdik Pati dulu ?. “Atau mungkin juga apakah anggaran yang cair dari  Pemerintah Pusat jumlahnya kurang ?” kata Ali Chabib dengan nada bertanya berulang ulang.

Ali Chabib mengingatkan dana sertifikasi yang sifatnya sangat strategis. Karena dengan anggaran tersebut pemerintah mendorong guru supaya mau meningkatkan kemampuan intelektual dan pengabdianya. Sehingga akan juga meningkatkan kecerdasan  anak didiknya. Kepala Dinas Pendidikan Pati, Drs Sarpan SH MM ketika dikonfirmasi masalah dana sertifikasi tersebut, enggan memberi jawaban yang cukup. “Lain hari saja” ujarnya singkat.  (Cuk).