Kota Yogyakarta

BKD Kota Yogya Uji Publik Pegawai Honorer


Tomi Sujatmiko | Minggu, 17 Februari 2013 | 14:17 WIB | Dibaca: 1720 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Pegawai honorer yang sudah mengabdi di Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sejak 1 Januari 2005 atau kategori dua (K2), bisa bernafas lega. Pasalnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan uji publik sebagai salah satu syarat pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berkas honorer K2 yang diserahkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta sebenarnya 873 orang. Akan tetapi, setelah dilakukan verifikasi dan validasi oleh BKN, 863 orang dinyatakan lolos. Sementara 10 orang yang tidak lolos lantaran berbagai sebab. Empat orang mengundurkan diri, 4 orang sudah diterima CPNS dan 2 orang tidak memenuhi syarat.

Kepala BKD Kota Yogyakarta, Maryoto mengungkapkan, kini pihaknya menunggu informasi lanjutan mengenai jadwal pelaksanaan uji publik. Namun demikian, secara normatif bisa digelar pada Maret 2013 mendatang. "Apakah nanti tempatnya di pusat atau daerah, kami masih menantikan informasi dari BKN," ungkapnya, Minggu (17/02/2013).

Usai uji publik, imbuh Maryoto, honorer K2 tersebut tidak lantas bisa diangkat sebagai PNS. Melainkan harus kembali mengikuti tes kemampuan dasar serta tes kemampuan bidang bagi honorer guru tidak tetap dan tenaga kesehatan. Kuota untuk CPNS juga menjadi kewenangan penuh BKN.

Selain persiapan uji publik bagi honorer K2, BKD Kota Yogyakarta juga tengah menyiapkan formasi CPNS untuk perekrutan tahun ini. Formasi tersebut sudah harus disampaikan ke BKN paling lambat pada akhir bulan ini. (R-9)