Internasional

Video Seks Menjerat, Sebelas Pejabat China Dipecat


Ivan Aditya | Sabtu, 26 Januari 2013 | 15:10 WIB | Dibaca: 327 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

BEIJING (KRjogja.com) - Sebelas pejabat China pun harus kehilangan pekerjaannya, setelah rekaman video seks mereka beredar luas ke masyarakat. Para pejabat pemerintah itu dikabarkan terlibat hubungan seks dengan perempuan yang disewa oleh para pengembang, sebagai bagian dari suap mereka mendapatkan kontrak proyek konstruksi.

Pengembang tersebut merekam hubungan seks itu dan dijadikan alat pemerasan. Lei Zhengfu, pejabat yang tersandung kasus ini menjadi target cercaan dari rakyat dan video yang tersebut itu makin membuat rakyat China meyakini bahwa seluruh pejabatnya terlibat kasus korupsi.

Pejabat berusia 50 tahun itu akhirnya dipecat dari jabatannya sebagai Ketua Partai Komunis China wilayah Kota Chongqing. Media China menyatakan, sekitar 10 pejabat lain di kota tersebut juga dipecat setelah kedapatan terlibat dalam kasus video seks lainnya. Skandal ini menunjukkan korupsi yang terus menyebar di berbagai lapisan pejabat China.

"Insiden di Chongqing sama sekali bukan perbuatan yang tidak disengaja dan tidak dapat diterima. Perbuatan semacam itu bahkan sudah biasa dan pejabat setempat yang sudah terbiasa dengan tindak korupsi mereka," ujar peneliti politik di Chinese Academy of Social Sciences Liu Shanying.

Meskipun Lei sudah sudah kedapatan terlibat dalam suap bentuk seks. Komite anti-korupsi Kota Chongqing memberikan pembelaannya terhadap Lei dan menyebutkan pengembang yang berada dibalik penyuapan tersebut dikabarkan termasuk dalam jaringan kriminal dan kerap menggunakan perempuan untuk menggoda para pejabat. (Okz/Van)