Kedu Utara

266 Pengawas Pemilu Lapangan Dilantik


Danar Widiyanto | Kamis, 10 Januari 2013 | 13:44 WIB | Dibaca: 547 | Komentar: 0

Ratusan PPL se-Kabupaten Wonosobo dilantik. Foto: Ariswanto

WONOSOBO (KRjogja.com) – Sebanyak 266 orang Pengawas Pemilu Lapangan se-Kabupaten Wonosobo, dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung Adipura Kencana. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Syaikhurohman dan ditandai dengan penandatanganan berita acara disaksikan panwas kabupaten (panwaskab) dan panwas kecamatan (panwascam).
 
Ketua Panwaskab Wonosobo, Asmak Khozen kepada KRjogja.com, Kamis (10/1) mengatakan, PPL yang baru dilantik diharapkan mampu mengemban amanat yang dipercayakan oleh negara untuk mengawal dan menyukseskan pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Tentunya dibutuhkan penyelenggara pemilu yang berintergritas, berkridibelitas, dan profesional.
 
Menurutnya, pengawas pemilu hendaknya bisa menjalankan dan mengamankan kepentingan-kepentingan yang ada untuk tujuan tegaknya demokrasi sesuai diamanatkan Undang-undang.
 
“Pengawas pemilu harus sejalan visi-misi serta asas-asas pemilu. Terpenting harus memahami aturan dan berkaca sesuai aturan, penegakan kode etik, serta melaksanakan tugas sesuai tupoksi yang ada. Bertindaklah sesuai prosedur standar, bangunlah motivasi kerja dengan cara transparan, profesionalitas dan akuntabilitas,” ungkapnya. (Art)